telkomsel halo

Pefindo Revisi Peringkat Trikomsel

10:57:00 | 25 Sep 2015
Pefindo Revisi Peringkat Trikomsel
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merevisi PT trikomsel Oke Tbk (TRIO) menjadi idBBB dari idBBB+.

Tak hanya itu, Pefindo juga merevisi peringkat Obligasi Wajib Konversi I Trikomsel Oke Tahun 2012. Obligasi senilai Rp 807,6 miliar itu diturunkan dari idBBB menjadi idBBB- (triple B Minus) untuk periode 17 September 2015-1 Maret 2016.

Analis Pefindo Martin Pandiangan dan Niken Indriarsih dalam kajiannya menyatakan efek utang dengan peringkat BBB mengindikasikan parameter proteksi yang memadai relatif dibanding surat utang Indonesia lainnya. Namun, menurutnya kondisi ekonomi buruk dan situasi yang terus berubah akan dapat memperlemah kemampuan obligor terhadap komitmen keuangan jangka panjangnya.

Sementara tanda kurang (-) pada peringkat saat ini menunjukkan peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan. Peringkat diberikan berdasarkan data dan informasi dari perusahaan serta laporan keuangan tidak diaudit per 30 Juni 2015 dan laporan keuangan audit per 31 Desember 2014

Perubahan peringkat korporasi disebabkan oleh pelemahan struktur permodalan dan perlindungan arus kas perseroan. Ini kemudian berdampak pada realisasi EBITDA yang lebih rendah dari proyeksi.

Selain itu,  kondisi pasar yang menantang dan tingginya kebutuhan modal kerja perseroan yang didanai oleh pinjaman. Peringkat ini mencerminkan kuatnya posisi pasar perseroan dalam bisnis ritel dan distribusi produk telekomunikasi, jaringan ritel dan distribusi yang ekstensif serta produk yang cukup terdiversidfikasi.

Namun, peringkat dibatasi oleh tingginya kebutuhan modal kerja perseroan, struktur permodalan yang agresif, dan perlindungan arus kas yang lemah, serta persaingan yang ketat di dalam industri.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year