telkomsel halo

XL Axiata Tengah Siapkan Sukuk

10:56:12 | 15 Sep 2015
XL Axiata Tengah Siapkan Sukuk
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (EXCL) dikabarkan tengah bersiap menerbitkan Sukuk senilai Rp 1,5 triliun untuk memperkuat pemodalan.

Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan mengungkapkan, penerbitan surat utang tersebut tengah menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Ini untuk refinancing, kita ada utang jatuh tempo di 2017. Tenor dari sukuk ini dua tahun,” katanya seperti dilansir Dealstreet Asia, kemarin.

Kabarnya, selain melakukan refinancing, XL juga akan melepas menara setelah melakukan hal yang sama pada tahun lalu untuk menyehatkan struktur pemodalannya. “Ada kemungkinan menara milik Axis akan dilepas,” katanya.

XL setelah mengakuisisi Axis memiliki sekitar 10 ribu menara. Pada tahun lalu ada 3.500 menara dilepas ke Solusi Tunas Pratama dengan transaksi senilai Rp 5,6 triliun. Potensi aset Axis yang dilepas sekitar 1.600 menara. (Baca juga: XL Lepas Menara ke STP)

Fitch Ratings belum lama ini memberikan peringkat BBB untuk utang jangka panjang dan dollar AS yang dimiliki XL dan AAAA untuk korporasi dengan outlook stabil bagi anak usaha Axiata ini.

XL sendiri tengah bersiap menggenjot layanan 4G di 1.800 MHz dimana pada tahun 2016 diharapkan ada sekitar 10 juta pelanggan aktif di layanan internet cepat itu.

XL akan menghadirkan 4G di 1.800 MHz pada Oktober mendatang di Surabaya dan Denpasar. Berikutnya, November, giliran Jakarta dan Bandung.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year