telkomsel halo

Penjualan HERE akan Perkuat Keuangan Nokia

09:48:06 | 16 Aug 2015
Penjualan HERE akan Perkuat Keuangan Nokia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mengkalkulasi langkah Nokia untuk melepas aplikasi peta digital HERE ke konsorsium otomotif Jerman senilai 2,8 miliar Euro akan memperkuat fundamental keuangannya, namun tak mengubah operasional dari perusahaan itu.

Nokia diprediksi akan meraih keuntungan dari penjualan peta digital itu sekitar 1 miliar euro setelah memperhitungkan fluktuasi nilai tukar karena angka bersih yang didapat hanya sekitar 2,5 miliar euro.

Penjualan dari HERE sebagai bagian dari strategi Nokia untuk fokus sebagai pemain solusi jaringan dan tenologi informasi. Selama ini HERE hanya berkontribusi sekitar 2% dari operasional Nokia di 2014.

Dalam kalkulasi Fitch, melakukan monetisasi terhadap aset yang memberikan sedikit keuntungan hal yang logis mengingat Nokia akan melakukan akuisisi terhadap  Alcatel-Lucent.

Tambahan dana segar sekitar 2,5 miliar euro dari penjualan HERE akan membuat kantong Nokia bertambah karena di kuartal kedua lalu dana kas dimiliki sekitar 3,8 miliar euro.

Fitch belum mengubah peringkat Nokia dari aksi korporasi ini, namun jika akuisisi Alcatel-Lucent terealisasi barulah akan ada perubahan karena berdampak kepada kinerja operasional dari perusahaan itu.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year