telkomsel halo

Gandeng Zenius, Pemkab Banggai Kepulauan tingkatkan kompetensi guru

07:06:31 | 24 Nov 2023
Gandeng Zenius, Pemkab Banggai Kepulauan tingkatkan kompetensi guru
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Kabupaten Banggai Kepulauan dan Zenius, platform pendidikan berbasis teknologi yang berbasis di Jakarta, resmi mengumumkan kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kerja sama ini melibatkan berbagai kegiatan strategis, termasuk pemetaan progres kompetensi guru dan siswa SD-SMP di bidang literasi numerasi, peningkatan kompetensi guru dan siswa, serta percepatan implementasi kurikulum merdeka belajar.

Dalam rangka mempersiapkan guru dan siswa bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Banggai Kepulauan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) tahun 2024, Zenius akan melaksanakan kegiatan pemetaan kompetensi guru dan siswa SD dan SMP. Selain itu, program peningkatan kompetensi guru dan siswa di bidang literasi numerasi akan menjadi fokus utama untuk memastikan bahwa pendidikan di Kabupaten Banggai Kepulauan mencapai standar yang diukur melalui Rapor Pendidikan.

Prosesi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Zenius dilakukan pada tanggal 21 November 2023 oleh Pj. Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, S.H., LL.M., dan AVP Government Relations Zenius, Mohamad Nurreza Rachman, S.E., dan disaksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bangkep, Ikhsan Nursin, S.Pd., M.M., yang bertempat di Hotel Bathara, Salakan. Sinergi ini tidak hanya menjadi tonggak bersejarah untuk meningkatkan mutu pendidikan, tetapi juga untuk menyambut Hari Guru Nasional 2023 yang diperingati setiap 25 November.

Dikatakan Ihsan Basir, kerja sama ini merupakan langkah signifikan dalam menjawab tantangan pendidikan di daerahnya. "Dengan dukungan Zenius, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari sisi guru maupun siswa, guna mencapai hasil ANBK yang lebih baik dan mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar,” ujarnya.

Peningkatan kompetensi guru dan siswa melalui pemetaan dan program literasi numerasi akan menjadi fondasi kuat bagi kemajuan pendidikan di daerah Banggai Kepulauan.

Sementara, Ikhsan Nursin mengungkapkan, dalam sinergi ini, ia melihat peluang besar untuk menghadirkan perubahan positif dalam sektor pendidikan di Kabupaten Banggai Kepulauan. "Kami berterima kasih atas dukungan Zenius dan optimis bahwa kerja sama ini akan memberikan kontribusi positif, terutama dalam mencetak generasi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan,” katanya.

Sedangkan pada kesempatan yang sama, Mohamad Nurreza Rachman menambahkan, sebagai bagian dari perayaan Hari Guru Nasional, ia dengan antusias menghadirkan solusi pendidikan holistik untuk mendukung visi Kabupaten Banggai Kepulauan. "Peningkatan kompetensi guru dan siswa bukan hanya misi kami, tetapi juga bentuk kontribusi nyata dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan. Semua ini juga sejalan dengan semangat peringatan Hari Guru Nasional, di mana pendidikan menjadi pilar utama pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Kegiatan yang akan melibatkan 70 guru SD dan 30 guru SMP di Kabupaten Banggai Kepulauan ini akan dilaksanakan pada tanggal 20-22 November 2023. Lewat kegiatan tersebut, diharapkan perwakilan Guru terpilih yang hadir dapat memiliki pemahaman dan referensi bahan belajar terkait literasi numerasi yang diterapkan kepada siswa-siswi di sekolah masing-masing. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year