telkomsel halo

CIMB Niaga Syariah digitalisasi operasional sektor pendidikan

12:54:26 | 20 Okt 2022
CIMB Niaga Syariah digitalisasi operasional sektor pendidikan
JAKARTA (IndoTelko) - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) dan PT Octo Ekosistem Digital menjalin kolaborasi dalam pengelolaan Edu Smart System untuk melayani ekosistem pendidikan di Indonesia. 

Kerja sama tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan sekolah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi dalam mendigitalisasi proses dan kegiatan operasional, termasuk pembayaran iuran sekolah bagi orang tua siswa/mahasiswa dan cashless (jajan non tunai) siswa/santri. 

Edu Smart System menawarkan kemudahan sistem pembayaran beragam tagihan bagi sekolah/perguruan tinggi melalui Single Virtual Account CIMB Niaga Syariah yang diberikan kepada masing-masing siswa/mahasiswa dan dapat melayani pembayaran dari bank manapun. Dengan kemudahan tersebut pengaturan kegiatan operasional menjadi lebih tertata dan efisien.  

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyatakan, sebagai UUS Bank BUKU 4 dengan layanan perbankan digital terlengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap mendukung sekolah/perguruan tinggi untuk melakukan transformasi digital melalui Edu Smart System. Layanan tersebut menawarkan keunggulan kompetitif berupa kemudahan dan proses pembayaran yang seamless serta efisiensi dalam pengaturan kegiatan operasional sekolah/perguruan tinggi. 

“Edu Smart System kami hadirkan bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 yaitu bulan Oktober untuk memperluas penetrasi keuangan Syariah di ekosistem pendidikan. Dengan semangat Anda #YangUtama dalam memberikan produk dan layanan terbaik untuk nasabah, kami berharap inisiatif ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Syariah civitas akademika sekolah/perguruan tinggi sekaligus meningkatkan akuisisi dan volume transaksi dari produk-produk CIMB Niaga Syariah,” kata Pandji.

Pandji menjelaskan, Edu Smart System dilengkapi dengan beragam fitur untuk melayani beragam kebutuhan sekolah berbasis digital. Di antaranya, pertama, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online yang dilengkapi dengan microsite, data digital, waktu pendaftaran fleksibel, format sesuai dengan Dapodik/EMIS, dan notifikasi. Kedua, Sistem Manajemen Informasi terkait akademik dan kesiswaan mencakup e-learning, tugas, nilai, rapor, presensi, catatan, kedisiplinan, prestasi dan database siswa.  

Selanjutnya, ketiga, Manajemen Keuangan yang terintegrasi dengan Single Virtual Account Host-to-Host, transfer dari bank manapun, Auto Split & Auto Priority, Monitoring & Notifikasi, Bill & Payment, Master Diskon, serta channel pembayaran di Tokopedia. Keempat, Fitur Mini Bank mencangkup setoran tunai, transfer antar rekening Virtual Account, tarik tunai, dan merchant secara closeloop. 

Fitur kelima yaitu Cashless untuk pembayaran jajan siswa/mahasiswa dikantin secara closeloop, adapun fitur lainnya limitasi harian/per transaksi, blokir kartu, PIN, server-based card, canteen apps. Adapun fitur keenam yaitu Islamic Features yang berguna untuk ekosistem pendidikan Islam di antaranya Tahfidz, Asrama (boarding), Al-Qur’an 30 Juz, dan Jadwal Shalat. Tak hanya itu, tersedia pula beragam fitur tambahan seperti Notifikasi WhatsApp/email, hingga Integrasi Biometric Recognition.

“Dengan fitur-fitur yang lengkap tersebut, kami berharap semakin banyak sekolah/perguruan tinggi yang dapat memanfaatkan keunggulan layanan digital Edu Smart System. Dengan demikian kami juga dapat memaksimalkan potensi bisnis industri halal di segmen ekosistem pendidikan. Semoga kerja sama ini memberikan manfaat dan keberkahan untuk masyarakat, khususnya ekosistem pendidikan Islam di Indonesia,” ujar Pandji.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year