telkomsel halo

Lintasarta Cloudeka Digischool dan Public Wi-Fi sambangi Jawa Barat

11:00:00 | 11 Okt 2022
Lintasarta Cloudeka Digischool dan Public Wi-Fi sambangi Jawa Barat
JAKARTA (IndoTelko) -- Dalam rangka percepatan literasi digital di berbagai daerah, Lintasarta, perusahaan yang bergerak di bidang Informations and Communication Technology (ICT) Total Solutions, gratiskan public Wi-Fi dan kurikulum pemrograman di Jawa Barat melalui program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool dan Public Wi-Fi, yang diresmikan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 pada gelaran “Road to West Java Festival” di Bandung. Program ini diimplementasikan di 82 titik di Jawa Barat sebagai bagian dari komitmen Lintasarta untuk mempercepat literasi digital di Jawa Barat, termasuk untuk anak- anak berkebutuhan khusus.

“Saat ini, kita memiliki kurang lebih 196,7 juta warganet di Indonesia. Ditambah lagi, potensi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai 124 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2025 mendatang.1 Potensi yang sebegitu besar ini perlu ditopang oleh kecakapan literasi digital yang matang dari masyarakat Indonesia, dan kami bangga bisa terlibat dalam mendukung percepatan peningkatan literasi digital di 82 titik di Jawa Barat,” ujar General Manager Corporate Secretary Lintasarta, Ade Kurniawan.

Program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool dan Public Wi-Fi diimplementasikan di 82 titik lokasi di Jawa Barat, yaitu SMA, SMK, SLB, dan beberapa area publik terpilih, terutama di wilayah yang belum terjangkau internet. Hal ini ditujukan agar proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik melalui media daring maupun luring, sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah serta sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan semangat Jawa Barat untuk mempercepat peningkatan literasi digital di provinsi, program ini adalah bagian dari upaya Lintasarta untuk mendukung komitmen tersebut. Program CSR dari Lintasarta ini bisa menjadi langkah awal, sehingga ke depannya akan semakin banyak masyarakat Jawa Barat yang dapat meningkatkan taraf hidupnya melalui pemanfaatan public Wi-Fi dan kurikulum pemrograman.

Sebagai tambahan, Lintasarta bersama Dicoding sebagai wadah pengembangan ekosistem developer di Indonesia, juga menyediakan kurikulum pemrograman kepada 2.000 siswa SMA, SMK, dan SLB yang menjadi lokasi pemasangan public Wi-Fi berupa pelatihan persiapan karier menjadi pengembang software (software developer) dan pelatihan pengenalan pemrograman dasar selama enam (6) bulan.

“Pemilihan lokasi pemasangan public Wi-Fi dan kurikulum pemrograman ini kami lakukan secara cermat untuk memastikan bahwa layanan ini dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat penerima manfaat. Secara umum, kami berfokus pada area pendidikan seperti SMA dan SMK, karena mereka yang akan segera terjun ke lapangan kerja dalam beberapa tahun mendatang. Dengan begitu, diharapkan manfaat program ini dapat dirasakan dalam jangka panjang dan turut menyumbang peningkatan angka kecakapan literasi digital di Jawa Barat,” tutup Ade. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year