Cashlez donasi modal usaha, bantu UMKM bangkit

17:37:25 | 01 Mar 2022
Cashlez donasi modal usaha, bantu UMKM bangkit
JAKARTA (IndoTelko) -- PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (Cashlez) melalui program #BahuMembahu bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) hari ini, Selasa, 1 Maret 2022, memberikan bantuan berupa modal kerja dan pendampingan usaha kepada UMKM di wilayah Jakarta Barat. 

Pemberian bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan donasi melalui program #BahuMembahu bersama Cashlez dan ACT yang turut mengajak merchant Cashlez, dimana melalui program tersebut, sejak November 2021 Cashlez berhasil mengumpulkan donasi sebesar 40 juta 166 ribu rupiah.

Presiden Direktur Cashlez, Suwandi, mengatakan bahwa dana donasi sebelumnya sudah disalurkan kepada korban bencana alam Gunung Semeru bulan Januari lalu, dan sisa dana donasi saat ini disalurkan kepada para pemilik usaha UMKM yang ada di wilayah Jakarta Barat untuk membantu memulai usaha mereka kembali yang sempat terkendala akibat pandemi. 

UMKM yang merupakan penggerak roda perekonomian Indonesia menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Berdasarkan data ACT, sebanyak 30 juta UMKM tak mampu bertahan akibat pendapatan menurun secara drastis. Di masa PPKM, pelaku UMKM diperkirakan mengalami penurunan omzet sebesar 70–80%. 

“Pemberian bantuan kepada UMKM ini bertujuan untuk membantu UMKM memulai usaha mereka kembali di tengah kendala akibat pandemi. Diharapkan di awal tahun 2022 ini dengan bantuan modal dan pendampingan usaha dapat menggerakkan kembali roda usaha UMKM,” ujar Suwandi. 

Suwandi menambahkan selain pemberian modal dan pendampingan usaha, para pelaku usaha yang menerima bantuan ini juga mendapatkan edukasi mengenai transaksi digital dari Cashlez, dimana pemberian edukasi ini bertujuan untuk mengarahkan para pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan dan menyesuaikan dengan tren pembayaran digital saat ini untuk meningkatkan omzet usaha mereka.

Vice President ACT, Mukhti berterima kasih kepada Cashlez atas dukungan yang diberikan melalui penyaluran donasi kepada ACT untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku UMKM, bukan hanya donasi berupa modal usaha, tetapi juga ilmu mengenai penggunaan non-tunai.

"Ini merupakan kali kedua ACT dipercaya untuk menyalurkan manfaat dari Program CSR Cashlez, kami akan memberikan upaya maksimal dalam mendampingi usaha UMKM agar mencapai hasil yang diharapkan. Semoga tali silaturahmi antara ACT dan Cashlez dapat terus terjalin ke depannya untuk memajukan para pelaku UMKM di Indonesia," katanya. (tep)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories