telkomsel halo

Endeavor mencari 15 startup untuk program ScaleUp Growth

09:54:18 | 24 Dec 2021
Endeavor mencari 15 startup untuk program ScaleUp Growth
JAKARTA (IndoTelko) - Endeavor Indonesia, bagian dari Endeavor Global, komunitas yang terdiri dari pengusaha-pengusaha berdampak tinggi terkemuka di dunia, mengumumkan peluncuran gelombang kedua 'ScaleUp Growth Program’ - program akselerator non-dilutif yang memberikan akses pengusaha ke sumber daya, pendiri dan pemimpin industri sukses serta mentor di seluruh jaringan lokal dan global Endeavor guna meningkatkan skala bisnis ke tahap yang lebih tinggi. Program ini merupakan tahap tambahan dari program tetap Endeavor yang mensupport bisnis skala lanjut.

Sejumlah 15 usaha rintisan dicari untuk mengikuti program 3 bulan yang akan memberi mereka akses ke jaringan Endeavor dan pemimpin bisnis di bidangnya masing-masing, serta platform pertumbuhan untuk memandu pertumbuhan pribadi dan profesional para founder sebagai seorang pemimpin dan pengusaha.

Beberapa sesi mentoring 1-on-1 yang disesuaikan dengan jaringan lokal dan global Endeavor, diskusi panel berdampak tinggi yang mendalam untuk umpan balik & wawasan baru, akses ke jaringan investor Endeavor adalah beberapa aktivitas yang ditawarkan oleh ScaleUp Growth Program. Semua founder terpilih akan memiliki account manager khusus dari tim Endeavor Indonesia dan para founder juga akan dipasangkan dengan Endeavor Buddy yang merupakan high-impact entrepreneur Endeavor sebagai dukungan peer-to-peer di seluruh program.

“Misi Endeavor adalah untuk membuka kekuatan transformasional kewirausahaan dengan melakukan seleksi, mendukung, dan berinvestasi pada para pendiri top dunia serta menyediakan platform untuk berkontribusi kembali terhadap masyarakat. Tim Endeavor Indonesia telah bertemu dan menganalisis secara menyeluruh lebih dari 1.000 pengusaha selama 8 tahun terakhir, mengidentifikasi pola tantangan yang mereka hadapi dan saat ini kami rasa ada kesenjangan dalam ekosistem. Hanya sedikit dukungan yang diberikan kepada perusahaan rintisan yang ada di antara tahap akselerator/bibit dengan tahap lanjutan. Itu yang menjadi landasan dibentuknya ScaleUp Growth Program. Kami berharap lulusan program ini akan dapat didukung lebih lanjut dengan jalur Endeavor Entrepreneur yang telah kami miliki,” kata Managing Director Endeavor Indonesia Wayah Wiroto.

ScaleUp Growth Program mencari pengusaha berkomitmen dan memiliki jiwa  kepemimpinan besar, terbuka untuk umpan balik dan bersedia berkontribusi kembali kepada ekosistem. Pengusaha ini harus memimpin bisnis berbasis di Indonesia atau Singapura yang scalable dan inovatif dengan pendanaan $2M+ (seed/series A) ATAU pendapatan tahunan $2M+ serta telah beroperasi selama lebih dari 2 tahun.

Pendaftaran dibuka hingga 14 Januari 2022 dengan peluncuran di pertengahan Februari 2022. Para pengusaha dapat mempelajari lebih lanjut, mendaftar serta melihat hasil dampak program gelombang pertama di www.scaleupgrowthprogram.org

Pada gelombang pertama, lebih dari 65 pendiri, pemimpin, dan eksekutif bisnis baik di Indonesia maupun mancanegara telah berkontribusi sebanyak 130+ jam mentoring kepada 23 entrepreneurs yang memimpin 12 startups selama 3 bulan Scaleup Growth Program (SGP) Batch #1 yang berlangsung dari 1 Juli - 7 Oktober 2021.

Co-Founder dari Evermos M. Ghufron Mustaqim yang belum lama ini mendapatkan suntikan dana seri B senilai Rp 426 miliar mengekspresikan bagaimana SGP ini berdampak positif tidak hanya bagi Evermos, tapi juga untuk dirinya. “Lumrah jika mendapatkan pengetahuan dari membaca buku, tapi kita bisa memperoleh kebijakan dengan hanya mendengarkan kisah nyata para mentor yang telah melalui lika-liku perjalanan yang sama seperti kita. Proses itu tidak hanya membantu saya menjadi pemimpin yang baik, namun yang lebih penting, seorang pribadi yang lebih baik lagi”.

Impact langsung dan nyata juga dirasakan oleh Athalia Permatasari, Co-Founder dari Meyer Food. Dalam sesi mentoring bersama Ibu Ratih Rachmawaty, CEO dari AMAAN Indonesia yang juga sebelumnya menjabat menjadi Direktur Utama PT. BTPN Syariah Tbk, Athalia menyatakan kesannya. “Ibu Ratih adalah seorang mentor yang hebat. Tidak hanya seorang pendengar yang rendah hati, wawasan praktis yang ia berikan melalui pengalaman pribadinya mendorong kita untuk menjadi pemimpin yang berani, baik, serta tegas.”

Dukungan peer-to-peer memungkinkan bisnis untuk tumbuh dua hingga tiga kali lipat karena adanya peran para founders untuk berbagi ide cemerlang, pengalaman, serta belajar dari satu sama lain. Endeavor Buddy merupakan salah satu elemen program unggulan dalam SGP dimana peserta dipasangkan dengan High-Impact Entrepreneur yang sudah tergabung dalam jaringan Endeavor. Para 'Endeavor Buddy' tersebut adalah Aaron Tan (Carro), Adrian Gunadi (Investree), Vincent Iswaratioso (Dana Indonesia), Achmad Zaky (Init-6), Kevin Osmond (Printerous), Gibran Huzaifah (eFishery), Vikra Ijas (Kitabisa.com), Christian Sutardi (Fabelio), Rex Marindo (Foodizz.id), Marshall Pribadi (PrivyID), Iwan Kurniawan, dan Kelvin Teo (Funding Societies).

Gibran Huzaifah, CEO dari eFishery yang juga merupakan Endeavor Buddy pendiri Flip.id menekankan pentingnya ‘waktu’. “Saat memimpin sebuah bisnis, waktu kita adalah sumber daya paling berharga; dan untungnya, kitalah yang bisa mengendalikannya. Gibran menyarankan kami untuk berhati-hati dan menggunakan keuntungan itu agar dapat membawa dampak terbesar pada apa yang kami lakukan di Flip.id.”, ujar Rafi Putra Arriyan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year