telkomsel halo

Trik optimalkan pencarian berbayar di internet

11:15:04 | 06 Apr 2018
Trik optimalkan pencarian berbayar di internet
JAKARTA (IndoTelko) - Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan lalu lintas website dengan cara membeli iklan di mesin pencari.

Hal ini disebut juga dengan pencarian berbayar dan marketing cost per click (CPC) atau pay per click (PPC), karena sebagian besar iklan di mesin pencari dijual dengan basis CPC/PPC.

Sama halnya dengan optimalisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, SEO), SEM mengandalkan kata kunci yang Anda masukkan ke dalam search engine dan mengaktivasi hasil pencarian tertentu sebagai landasan aktivasi penampilan iklan berbayar pada halaman hasil pencarian.

Banyak bisnis kecil mengakui bahwa SEM membantu mereka menarik perhatian pelanggan baru. Apabila Anda hanya bergantung pada SEO tak berbayar alias organik, maka bisnis Anda berpotensi untuk berada pada peringkat paling bawah. Dengan membayar SEM, Anda memiliki kendali atas kata kunci spesifik yang bisa mempromosikan bisnis Anda, dan juga mengatur posisi bisnis Anda di halaman hasil pencarian.

Matoa, sebuah merek jam tangan kayu dari Indonesia adalah salah satu contoh bisnis yang berhasil memanfaatkan SEM.

Matoa memilih Google Ads dibandingkan dengan iklan di media cetak karena biayanya yang relatif lebih murah. Melalui SEM, Matoa berhasil mendapatkan lebih banyak pengunjung baik di tingkat nasional maupun global. Dengan menggabungkan SEM dan SEO, Matoa mampu memanfaatkan dan meningkatkan peringkat situs web mereka, Matoa.com, ke bagian atas halaman hasil pencarian.

Mesin pencari terbesar seperti Google, Bing, dan Yahoo, masing-masing memiliki program yang dapat dimulai dengan sederhana.

Anda dapat menentukan kata kunci atau kalimat pencarian, serta jumlah yang bersedia Anda bayar (per-klik dan/atau perhari). Sebagian besar mesin pencari menawarkan program sederhana yang mengharuskan Anda untuk mengisi formulir dan menyimpan sejumlah uang sebagai jaminan kredit. Mulailah dengan jumlah kecil terlebih dahulu dan tambahkan bujet SEM seiring dengan waktu dan meningkatnya pemahaman Anda serta hasil yang muncul dari menggunakan SEM berbayar.

SEM memiliki keunggulan strategis dibandingkan dengan SEO untuk kampanye tertentu:

Mendorong Promosi atau Meningkatan Kegiatan Sale: Apabila Anda memerlukan trafik yang tinggi dalam waktu singkat, SEM adalah pilihan yang tepat karena SEM akan meningkatkan eksposur selama kampanye Anda berlangsung. Anda dapat mengendalikan biaya sesuai dengan lamanya program SEM berjalan.

Meningkatkan Eksposur: Apabila Anda tertinggal dalam hal SEO organik atau Anda ingin memenangkan kompetisi, gunakan SEM berbayar untuk menempatkan nama Anda dan nama situs Anda di atas peringkat organik.

Temukan Kata Kunci yang Efektif: SEM dapat membantu Anda mengidentifikasi kata dan kalimat kunci yang paling efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata kunci yang sama untuk SEO dengan cara menggunakan kata-kata tersebut pada website Anda.

Jangan terintimidasi dengan Search Engine Marketing (SEM), ini bisa menjadi cara paling efektif dan hemat biaya yang dapat mendatangkan pelanggan ke situs Anda. Salah satu hal yang paling membantu adalah, Anda bisa mengetahui dan mengendalikan seberapa banyak Anda mengalokasikan dana. Mulailah dengan perlahan dan jelajahi hasil untuk bisnis Anda.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year