Telkomsel bawa TCASH ke sektor transportasi

16:30:44 | 18 Aug 2017
Telkomsel bawa TCASH ke sektor transportasi
Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi (kiri) bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi melakukan uji coba layanan keuangan digital TCASH di Bus Trans Semarang (18/8). Telkomsel mengembangkan fitur TCASH Pass yang memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.(Foto:Istimewa)
SEMARANG (IndoTelko) – Telkomsel mengembangkan cakupan layanan keuangan digital TCASH dengan menggelar uji coba layanan TCASH Pass di Bus Rapid Transit (BRT) Semarang, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang.

Sebelumnya layanan eMoney ini melayani segmen pembayaran ritel, layanan ketersambungan dengan bank (TCASH Ekstra), dan layanan overseas remittance.

Telkomsel mengembangkan fitur TCASH Pass untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.

Kerjasama pembayaran tiket BRT Semarang menggunakan layanan TCASH Pass ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Ericson Sibagariang dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam acara peluncuran TCASH - BRT Semarang di Balai Kota Semarang.

“Fitur pass dalam layanan TCASH kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi," kata Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi dalam keterangannya, Jumat (18/8).

Menurut Hendrar, kerjasama ini penting bagi peningkatan pelayanan BRT Semarang, apalagi mengingat saat ini Telkomsel merupakan operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia.

“Harapannya sinergitas antara Pemerintah Kota Semarang dan Telkomsel melalui layanan TCASH ini mampu meningkatkan kecepatan pelayanan Trans Semarang. Selain itu, saya yakin sebagian besar pengguna Trans Semarang akan sangat menyambut baik inovasi ini, karena sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia, maka mayoritas pengguna Trans Semarang yang merupakan pelanggan Telkomsel akan sangat dimudahkan dengan berjalannya sistem ini,” ungkap Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Untuk memperoleh kemudahan layanan ini, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan TCASH dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) TCASH yang tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass.

Transaksi TCASH di dalam BRT Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa oleh petugas. Pelanggan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar. Guna menunjang kemudahan akses layanan TCASH, Telkomsel juga menyediakan akses khusus aktivasi layanan TCASH untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#.

"Kerjasama TCASH Pass dengan Bus Trans Semarang merupakan langkah pertama kami untuk masuk ke sektor transportasi umum. Fitur ini kami kembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin  menggunakan TCASH sebagai alat pembayaran di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kami juga berharap TCASH Pass dapat semakin memudahkan keseharian masyarakat Semarang menjadi masyarakat digital di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini," kata Senior Vice President Mobile Financial Services Telkomsel Danu Wicaksana.

Kerjasama antara Telkomsel dan Pemerintah Kota Semarang ke depannya akan dikembangkan melalui implementasi pembayaran non tunai di berbagai sarana umum lainnya, di antaranya retribusi sampah, biaya administrasi pemerintahan, dan sebagainya.

Saat ini lebih dari 12 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan TCASH di seluruh Indonesia.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories