Aksi BTPN menggenjot layanan keuangan digital

12:16:23 | 04 Sep 2016
Aksi BTPN menggenjot layanan keuangan digital
Layanan TCASH-BTPN yang diujicoba di Bogor beberapa waktu lalu (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) tengah kencang memacu mesin layanan keuangan digital bagi masyarakat.

Hal itu terlihat dengan diluncurkannya aplikasi Jenius dan terus  digenjotnya layanan BTPN Wow dengan menggandeng Kudo.

Jenius adalah aplikasi life finance bagi pengguna aktif smartphone. Dari segi riset, perencanaan, hingga peluncuran, aplikasi ini menyedot investasi sebesar Rp 500 miliar.  Dengan Jenius, setiap orang dapat membuat sendiri rekening bank berbasis aplikasi, dan mendapat kartu debit atas rekening aplikasi itu.

Sebagai variasi tabungan berbasis aplikasi, Jenius tidak dapat digolongan ke dalam jenis uang elektronik (electronic money/e-money) berbasis server.

Sedangkan BTPN Wow! adalah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam (Branchless banking). Layanan ini didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

BTPN Wow! fokus melayani pasar masyarakat berpenghasilan rendah, pelaku UMKM dan masyarakat prasejahtera produktif (mass market). BTPN Wow telah bekerjasama dengan TCASH dari Telkomsel dan terbaru menggaet Kudo. (Baca: BTPN dan TCASH)

Berkat kerjasama dengan Kudo, agen BTPN Wow yang sudah diseleksi bisa merangkap sebagai agen Kudo dan menjual barang secara online.

“Kerjasama dengan Kudo bisa membuat BPTN Wow makin turun ke akar rumput,” kata Chief of Marketing BTPN Wow Luhur Budijarso, belum lama ini.

Dijelaskannya,  agen BTPN Wow yang bisa merangkap sebagai agen Kudo harus terlebih dahulu lulus seleksi. Ada pun persyaratan untuk menjadi agen Kudo adalah memahami penggunaan aplikasi eCommerce. Kudo diperkirakan sudah memiliki 36 ribu agen.

Dalam catatan, di layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (laku pandai)  BTPN menargetkan mendapatkan 5 juta nasabah baru pada tahun ini. Saat ini ada 75 juta masyarakat unbankable yang bisa digarap oleh bank.

Saat ini, jumlah agen BTPN Wow! mencapai 32 ribu agen. Bank akan meningkatkan jumlah agen menjadi 75 ribu agen sampai akhir tahun. Sementara jumlah ATM yang tersedia 45 ribu unit.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories