Satu Dekade IWIC Hasilkan 7.111 Ide Kreatif

10:20:43 | 24 Apr 2016
Satu Dekade IWIC Hasilkan 7.111 Ide Kreatif
Alexander Rusli (kiri) dan Rudiantara (berdiri) berbincang dengan peserta IWIC (Dok:ISAT)
JAKARTA (IndoTelko)  – Ajang Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) yang telah berusia 10 tahun ternyata sudha menghasilkan 7.111 ide kreatif dan aplikasi yang inovatif.

“Kehadiran selama satu dekade secara konsisten dengan total 7.111 ide dan aplikasi mobile yang inovatif, menjadikan IWIC sebagai salah satu program kompetisi aplikasi terkemuka di Indonesia. Beberapa karya bahkan telah menjadi aplikasi komersial yang memudahkan masyarakat,” kata President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli, kemarin.

Dikatakannya, keberhasilan tersebut mendorong ajang IWIC ke-10 tahun ini melakukan go global guna menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing  di kancah internasional.

“Melalui IWIC, Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia yang lebih baik,” kata Alex.  

IWIC ke-10 menghadirkan  berbagai  kategori yang dapat diikuti, salah satunya Special Category for Women & Girls seiring dengan komitmen Indosat Ooredoo untuk terus mendukung pemberdayaan perempuan melalui program  women connected to mobile internet.

Peserta dapat mengirimkan ide dan aplikasi yang mampu membantu aktivitas perempuan baik itu dalam profesinya atau dalam keseharian. Kategori ini dihadirkan untuk meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung dengan internet agar kualitas kehidupannya dapat meningkat. Terdapat juga Disabled Category yang berawal dari semangat Indosat Ooredoo untuk menghadirkan dunia digital bagi semua, tidak terkecuali masyarakat yang berkebutuhan khusus.

Selain itu ada juga Kids, Teens, University Student and Public, serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia. Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Communications, Lifestyle, & Education; Multimedia & Games; Utility (tools, security, ideas/apps for disabled); tourism; dan Social Innovation.  Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Selain IWIC, Indosat Ooredoo juga memiliki rangkaian program yang mendukung startup Indonesia yakni Ideabox, inkubator bisnis untuk startup siap memasarkan produknya melalui program mentoring dan juga pendanaan dari  SB-ISAT Fund senilai US$ 50 juta yang terbuka untuk disuntikkan ke startup lokal yang memiliki prospek bisnis yang tepat

Menkominfo Rudiantara mendorong para generasi muda berkompetisi di kontes digital agar nantinya menjadi angkatan yang akan menciptakan lapangan kerja, bukan lagi pencari kerja. “Apresiasi untuk kontes digital bagi generasi muda.Barokahnya itu lebih besar jika seseorang menciptakan lapangan kerja daripada mencari atau mendapatkan lapangan kerja,” tuturnya.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories