Telkomsel dukung Branchless Banking dari BTPN

17:11:29 | 18 Apr 2016
Telkomsel dukung Branchless Banking dari BTPN
Peresmian produk Tcash-BTPN Wow (dok)
BOGOR (IndoTelko) – Telkomsel mendukung layanan branchless banking yang digelar PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan mengkolaborasikan layanan Tcash dan BTPN Wow!

BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jaringan agen untuk transaksi perbankan. Hingga akhir Maret 2016, jumlah Agen BTPN Wow! mencapai sekitar 30 ribu agen, dengan jumlah nasabah lebih dari 410.000 nasabah.

Sementara Tcash adalah uang elektronik milik Telkomsel yang saat ini memiliki 6,5 juta pengguna.

Layanan keuangan terhubung TCASH – BTPN Wow! diluncurkan secara nasional pada 18 April 2016 melalui acara peresmian dan edukasi masyarakat di Desa Ciampea, Bogor, Jawa Barat.  

Sebelum diluncurkan secara nasional pada 18 April 2016, layanan keuangan terhubung TCASH – BTPN Wow! telah diuji coba sejak pertengahan bulan Maret 2016 di lima kota, yaitu Lampung, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor.

Uji coba layanan ini dilakukan salah satunya untuk mendukung program Nestlé dalam membuka akses ke perbankan dan pendanaan bagi 20.000 petani swadaya yang menyediakan bahan baku untuk produksi kopi Nescafé.

Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk pembayaran honor santri karya dan belanja para santri di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Ke depannya, layanan ini berpotensi untuk dikembangkan di 3.000 pesantren di Indonesia, serta berbagai komunitas petani maupun komunitas ekonomi menengah ke bawah lain yang belum terjangkau layanan keuangan formal.

“Kerjasama ini juga merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dan BTPN untuk membantu pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) dan percepatan keuangan inklusif di Indonesia. Selain itu kemitraan yang lebih luas dari Telkomsel dan BTPN akan membuka akses masyarakat pada layanan keuangan lainnya seperti micro-loan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta produk asuransi,” kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di Desa Ciampea, Bogor, Senin (18/4).

Dijelaskannya, melalui layanan keuangan terhubung TCASH – BTPN Wow! pelanggan dapat menikmati produk keuangan terhubung dengan berbagai fitur. Fitur tersebut antara lain uang elektronik, pembayaran mobile, serta rekening tabungan yang aman dengan bunga bulanan, tanpa dikenakan biaya administrasi dan saldo minimum.

Tidak hanya itu, fitur seamless registration yang tersedia di layanan ini akan memungkinkan pelanggan mendapatkan layanan finansial dengan biaya rendah. Fitur seamless transfer juga akan memudahkan pengaturan dana milik pelanggan yang disimpan dalam bentuk TCASH ataupun disimpan di rekening BTPN Wow!  

Untuk mendapatkan layanan keuangan terhubung TCASH – BTPN Wow! pelanggan baru maupun pelanggan existing TCASH atau BTPN Wow! dapat melakukan registrasi dan transaksi di lebih dari 30.000 agen BTPN Wow! di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, pelanggan dapat mengakses berbagai fitur finansial dalam layanan keuangan terhubung ini melalui menu USSD *800# milik TCASH, atau menu *247# milik BTPN Wow! dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan layanan mobile banking regular lainnya.

“Ini paduan dua kekuatan perbankan dan telko sehingga masyarakat tidak hanya bisa menabung dan menarik dana, tapi juga layanan komunikasi. Bisa mendapat 10% saja dari 152 juta pelanggan Telkomsel, bagi kami sudah bagus,” kata Direktur Utama BTPN Jerry Ng.(tp)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories