Paket Phoenix
Paket Phoenix

OTT Lokal Kurang Minati Program ATSI?

09:24:09 | 18 Mar 2016
OTT Lokal Kurang Minati Program ATSI?
Seremoni penyerahan piagam dukungan ATSI bagi OTT lokal (dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) baru saja mengumumkan pemain Over The Top (OTT) nasional yang akan didukungnya untuk Go Global.

Tiga OTT yang beruntung tersebut adalah  Qlue (qlue.co.id), Catfiz (catfiz.com), dan Sebangsa (sebangsa.com). Ketiganya merupakan hasil seleksi nasional yang dilaksanakan Desember tahun lalu.

Sebangsa telah dimanfaatkan sekitar 30 ribu pengguna dari 800 komunitas. Qlue ada sekitar 200 ribu pengguna, sedangkan Catfiz telah diunduh 2 juta.

“Kala dibuka pendaftaran ada lima OTT lokal yang mendaftar. Hasilnya kita dapat tiga OTT ini yang layak dibawa ke program pengembangan ATSI,” ungkap  Ketua Tim Seleksi OTT Nasional Binaan ATSI Ongki Kurniawan, kemarin.

Dijelaskannya,  alasan mengapa ATSI memilih lingkup media sosial dan messaging adalah karena keduanya dianggap sebagai kategori yang memiliki dampak paling besar ke masyarakat.

“Kita akan dukung pengembangan ekosistem dulu dari OTT ini minimal di sisi awareness ke masyarakat memanfaatkan basis pelanggan operator. Nanti untuk monetisasi kita bantu implementasi carrier billing,” jelasnya.

Founder Sebangsa Enda Nasution mengharapkan dengan adanya program dari ATSI ini bisa menggelembungkan jumlah komunitas yang dirangkulnya menjadi 10 ribu komunitas. “Sebangsa memang main di komunitas,” katanya.

CEO dan Founder Qlue RaMa Raditya mengatakan ATSI meminta mereka untuk fokus pada pengembangan aplikasi. (Baca juga: ATSI dukung OTT Lokal)

Sekadar diketahui, ATSI adalah wadah berkumpulnya semua operator di Indonesia. Nama besar seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan lainnya ada di organisasi tersebut. (Baca juga: Tawaran ATSI kurang menarik)

Banyak kalangan menilai minimnya peminat (lima pendaftar) dari program ini menandakan tak menariknya insentif yang ditawarkan bagi OTT lokal. Apalagi jika melihat pilihan kepada tiga OTT lokal tersebut dimana sebenarnya sudah memiliki nama besar di dunia digital lokal.

Sebangsa sudah menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri menggarap Buruh Migran Indonesia (BMI) di luar negeri. Qlue sudah diandalkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk smart city. (Baca juga: Sebangsa digandeng Bank Mandiri)

telkom sigma
Operator sendiri memiliki program untuk membesarkan Startup seperti NextDev dari Telkomsel atau ideaBox yang selalu banjir peminat karena adanya iming-iming dukungan pendanaan. Hal ini berbeda dengan program ATSI yang lebih kepada dukungan pemasaran berupa SMS broadcast dan lainnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan