telkomsel halo

Telkom akan Ekspansi ke Papua Nugini

11:46:40 | 19 Jun 2013
Telkom akan Ekspansi ke Papua Nugini
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menambah negara yang akan diekspansinya pada tahun ini dengan memasukkan Papua Nugini ke dalam daftar.

"Kita akan masuk ke Papua Nugini bermitra dengan operator lokal, Telikom PNG operator telekomunikasi milik pemerintah Papua Nugini. Secara prinsip sepakat melakukan partnership," ungkap Direktur Utama Telkom Arief Yahya, kemarin.

Sebelumnya, pada tahun ini Telkom hanya  berniat melebarkan sayapnya ke 10 negara yakni Timor Leste, Malaysia, Australia, Hong Kong, Singapura, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Myanmar.  

Diungkapkannya,  penjajakan kerja sama dengan Telikom PNG baru saja dimulai dengan saling bertukar informasi termasuk peta bisnis telekomunikasi di negara tersebut.

Sayangnya, Pria yang akrab disapa AY ini  belum bersedia merinci lebih lanjut berapa investasi yang disiapkan Telkom untuk menggarap bisnis di negeri berpenduduk sekitar 7 juta orang tersebut.

“Potensi itu ada di bisnis seluler karena penetrasinya masih sekitar 50% dari total populasi di sana. Kita sepertinya akan masuk melalui anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) ,” katanya.

Strategi
Lebih lanjut AY  menjelaskan, dalam ekspansi internasional, pihaknya tidak melakukan investasi, melainkan menjadi mobile virtual network operator (MVNO), atau sejajar dengan operator setempat, di wilayah ekspansi yang Telkom sudah lakukan.

"Strategi Telkom dalam melakukan ekspansi bisnis internasional, yakni dengan menggunakan bisnis follows the people, atau di mana banyak warga Indonesia, kita akan masuk," katanya.

Dikatakannya, saat ini  kontribusi pendapatan dari  Telin baru sekitar 2%-3% bagi perseroan. Ditargetkan pada 2015 nanti mencapai 10%.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year