telkomsel halo

Benahi Distributor, Indosat Lowongkan Direktur Pemasaran

19:50:04 | 18 Jun 2013
Benahi Distributor, Indosat Lowongkan Direktur Pemasaran
Alexander Rusli (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) memilih membiarkan posisi Director & Chief Commercial Officer yang ditinggalkan Erik Meijer dalam kondisi lowong menunggu selesainya pembinaan terhadap distributor produknya jelang tengah tahun ini.

“Salah satu hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) adalah memberhentikan dengan hormat Frederik Johannes Meijer. Kami sepakat untuk membiarkan posisi ini lowong hingga pembinaan terhadap distributor selesai tengah tahun ini. Untuk sementara, saya akan dibantu oleh seorang eksekutif di direktorat pemasaran,” ungkap President Director dan CEO Indosat Alexander Rusli usai RUPST di Jakarta, Selasa (18/6).

Diungkapkannya,sejak tahun lalu perseroan telah mengambil langkah mengubah Key performance  Indicator (KPI) para distributor. Tujuannya agar perseroan mendapatkan pendapatan per bulan dari pelanggan yang tinggi dan pengguna produktif.

“Kita khawatir, jika ada orang baru masuk, bisa berubah kebijakan. Lebih baik hingga tengah tahun ini proses perubahan di kebijakan distribusi diselesaikan. Setelah itu dicari orang yang tepat,”katanya.

Diakuinya,  dampak dari perubahan melihat KPI dari distributor adalah Indosat mengalami penurunan tambahan pelanggan dimana posisi triwulan keempat 2012 ke triwulan pertama 2013 kehilangan 2,5 juta nomor. Indosat sendiri di posisi triwulan pertama 2013 memiliki 55,9 juta pelanggan. “Kita tahu dampak dari kebijakan ini pahit, tetapi ke depan ini akan sehat bagi Indosat,”katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, alasan lain membiarkan posisi direktur pemasaran kosong adalah perseroan ingin melihat struktur tarif data yang ideal di masa depan sehingga bisa dibuat kebijakan yang tepat. “Kontribusi data bagi Indosat belum tinggi. Di tempat lain itu ada yang sampai 60%.  Kita ingin kejar ketertinggalan itu,” katanya.

Sekadar diketahui, Erik Meijer akan menempati posisi Direktur Pemasaran di Garuda Indonesia. Pria yang akrab disapa EM ini bergabung di Indosat sejak Mei 2012.

Beredar kabar pengganti Erik di Indosat adalah salah satu Executive Vice Preisdent dari Telkomsel atau seorang senior eksekutif  lokal Indosat. Keduanya dikabarkan telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sejak EM resmi menerima pinangan Garuda belum lama ini.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year