Pelabuhan Bakauheni didukung jaringan 4G

08:14:00 | 08 May 2018
Pelabuhan Bakauheni didukung jaringan 4G
Pelabuhan Bakahueni (dok)

BAKAUHENI (IndoTelko) - Satu tahun terakhir ini Bakauheni terus bersolek. Sebagai pelabuhan utama dan pintu masuk ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa memang sudah sewajarnya punya tampilan yang wah dalam segala lini. Termasuk ketersediaan infrastruktur yang lengkap dan baik.  

Pembangunan jalan tol dari Bakauheni, Lampung Selatan hingga ke Palembang, Sumatera Selatan kelak akan membuat akses antar kedua kawasan ini semakin mudah dan tentunya cepat. Hal ini terbukti dari uji coba jalan tol yang dilakukan pemerintah. Akses lebih mudah, jalan mulus, dan menghemat waktu. Tak terkecuali akses telekomunikasi khususnya akses data alias internet.

Usai kami menyantap makan siang di Waroeng Diggers Pahoman Bandar Lampung, kami pun bergegas memacu kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni. Tujuan akhir dari perjalanan menyusuri Bandar Lampung adalah penyeberangan Bakauheni, untuk menyeberang kembali ke Ibukota.  Sambil menunggu keindahan matahari terbenam di kawasan pelabuhan, kami mampir di area wisata Menara Siger di Bakauheni.

Kesempatan singgah dan menyeruput kopi khas Lampung, kami pun berkesempatan melakukan uji kekuatan sinyal operator. Kami berharap kekuatan sinyal operator setara dengan mulus dan cepatnya akses jalan tol menuju Bandar Lampung yang baru saja dibuka.

Pengujian kali ini kami kembali menggunakan 5 smartphone kelas atas yang kami miliki. Kelimanya terdiri dari Lenovo P2 Turbo, asus Zenfone 4 Max, Huawei Nova 2i, Asus Zenfone 4 Max Pro, dan iPhone 7 plus berikut modem Andromax M3Y. Aplikasi yang kami gunakan adalah SpeedTest yang sangat simpel dan tidak begitu membutuhkan waktu lama dalam sekali proses uji.

Jaringan 4G
Dari indikator sinyal yang ditangkap oleh masing-masing ponsel, baik Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL, kelimanya menunjukkan indikator sinyal yang oke. Kekuatan sinyak lima operator tersebut berada di jalur 4G semua.

Bagaimana dengan kecepatan akses unduh dan uploadnya?  

Pengujian kami lakukan pada Minggu, 22 April 2018, pukul 17.36 Wib.

Pelabuhan Bakauheni didukung jaringan 4G

Kekuatan akses data Indosat mencapai angka maksimal 7,87 Mbps, sedangkan kecepatan uploadnya ada di angka 11,4 Mbps dengannping 34 ms. Kala digunakan untuk keluar masuk situs-situs berita, berjalan sangat lancar dan tidak ada kendala.

Begitu pula kekuatan unduh Smartfren. Operator yang dalam pengujian ini kami libatkan modem Andromax M3Y dan ponsel Lenovo P2 Turbo, memiliki akses kekuatan unduh mencapai 4,12 Mbps dan upload 16,2 Mbps dengan ping 83 ms.

Sementara operator Tri tak mau kalah. Kekuatan Tri Hutchisson Indonesia ini dalam akses unduhnya mampu menyedot data dengan kecepatan hingga 7,17 Mbps dan kecepatan uploadnya di angka maksimal 3,17 Mbps dengan ping 36 ms.

Kejutan ditunjukkan oleh Telkomsel. Operator plat merah ini punya daya sedot yang sangat super dibanding 3 operator sebelumnya. Telkomsel punya daya unduh dengan kecepatan hingga 37,8 Mbps yang memang dibuktikan dengan tanpa buffering nya kala kami memutar video di Youtube dengan durasi 27 menit. Nyaris tanpa jeda dan gangguan apapun. 

Uniknya kekuatan unduh nya tidak disertai kekuatan upload yg mumpuno. Kekuatan upload Telkomsel hanya sebatas maksimal 6,91 Mbps dengan ping 69 ms.

Pelabuhan Bakauheni didukung jaringan 4G

Sementara itu XL Axiata juga tak mau kalah moncer sengan Telkomsel. XL memiliki kekuatan unduh dan upload di atas tiga operator lainnya.  Kekuatan unduh XL sebesar 14,9 Mbps dan upload di angka 20,6 Mbps dengan ping 49 ms.

XL pun sama dengan Telkomsel. Diuji dengan memutar video via youtube, tidak mengalami gangguan yang berarti. Tanpa jeda dan buffering, nonton video berdurasi 35 menit lancar jaya.

Dari proses pengujian di kawasan pelabuhan Bakauheni, menara Siger dan sekitarnya, bisa disimpulkan bahwa jaringan 4G lima operator seluler berjalan baik.

Kelima operator memancarkan sinyal 4G yang sempurna dan bekerja sangat baik. Kawasan yang terkenal pula sebagai Serambi Sumatera ini sudah berselimut 4G dan siap melayani seluruh masyarakat baik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa atau sebaliknyq. (sg)

Baca Juga: