Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

09:30:00 | 01 May 2018
Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
Bandara Palembang (dok)

PALEMBANG (IndoTelko)-Menutup perjalanan tim IndoTelko di Sumatera Selatan kali ini, kami akhiri di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Perjalanan kami tempuh dari Emilia Hotel by Amazing kawasan Palembang Indah Mall. Usai kami melakukan uji jaringan di kawasan ini, kami langsung menuju bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Waktu tempuh ke bandara ini sekitar 1 jam dengan catatan arus lalu lintaa lancar. (Baca : Jaringan di Palembang Indah Mall).

Aroma Asian Games

Tiba di bandara kebanggaan masyarakat Palembang ini, kami di suguhkan dengan baliho-baliho dan iklan-iklan layar digital terkait event Asian Games.

Palembang memang sedang berbenah untuk perhelatan Asian Games yang bergulir Agustus mendatang. Berbagai infrastruktur dikebut, mulai dari kereta cepat dari bandara ke komplek stadion Jakabaring, jalan-jalan atau akses kendaraan roda 4 ke area pertandingan, hingga yang paling utama adalah infrastruktur telekomunikasi.

Asian Games memang merupakan event terbesar bidang olah raga yang akan di helat Palembang bersama Jakarta. Sebelumnya Palembang sempat sukses menggelar Pekan Olah Raga Nasional (PON) beberapa waktu lalu.

Akses telekomunikasi

Di bandara ini Palembang bisa dibilang sudah siap menyambut duta-duta olah raga Asian Games. Pelayanan prima dari pengelola bandara patut diacungi jempol. Termasuk fasilitas umum lainnya, misalkan PC umum untuk akses internet, pojok-pojok tempat men charge baterai ponsel dan tentunya jaringan operator seluler.

Layanan yang terakhir nampaknya benar-benar sudah terbukti. Tim IndoTelko membuktikan langsung sinyal operator yang terdeteksi dari lima ponsel yang terselip lima sim card dengan operator berbeda.

Kelima operator yakni Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL semuanya tampil prima dengan sinyal 4G nya. Meski kualitas sinyal yang terlihat di layar berbeda-beda. Seperti Tri misalnya, operator ini hanya menunjukkan indikator sinyal satu bar, Telkomsel 3 bar, XL full bar, dan Indosat serta Smartfren turun naik dari full bar hingga 3 bar.

Kecepatan akses data

Proses uji ini kami lakukan pada pukul 18.45 Wib. Ponsel yang kami gunakan adalah Asus Zenfone 4 Max, Asus Zenfone 4 Max Pro, Huawei Nova 2i, Lenovo P2 Turbo, dan iPhone 7 plus.

Sedangkan aplikasi pengujian kali ini kami murni menggunakan satu aplikasi saja yakni SpeedTest yang memang sering kami gunakan.

Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Hasil pengujia kali ini menunjukkan kekuatan akses data untuk download milik Indosat mencapai angka maksimal 9,10 Mbps, upload dengan speed 1,22 Mbps, dengan ping 58ms.

Pemutaran film via youtube di ponsel bersimcard Indosat ini tidak ada kendala. Proses pemutaran minim jeda.

Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Di ponsel lainnya, kecepatan akses Smartfren dengan modem Andromax M3Y juga berjalab baik. Meski kecepatan unduhnya hanya mencapai 5,46 Mbps, upload 0,91 Mbps dengan ping 46.

Telkomsel juga tak mau kalah dengan Indosat dan Smartfren. Kekuatan unduh Telkomsel mencapai 12,8 Mbps, kecepatan uploadnya di angka 0,46 Mbps, dan ping 82 ms.

Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Sesuai urutan abjad, hasil uji jaringan Tri kurang begitu memuaskan. Operator ini hanya mampu menunjukkan kecepatan akses datanya mencapai 0,44 Mbps dan upload 0,36 Mbps dengan Ping 24 ms.

Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Lain halnya dengan XL. Operator milik Malaysia Telecom ini justru unjuk kebolehannya dalam hal akses data. XL punya kecepatan unduh di angka 12,7 Mbps dan kekuatan uploadnya 3,41 Mbps dengan piing 78 ms.

Layanan 4G prima di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Bisa ditarik kesimpulan, dengan melihat indikator sinyal yang ada, bahwa lima operator sudah menebar sinyal 4G nya di bandara ini.

Kecepatan akses datanya bisa disesuaikan dengan kebituhan. Yang jelas, bandara ini makin pede sambut Asian Games lantaran jaringan 4G semua operator sudah selimuti bandara Sultan Mahmud Badaruddin. (Sg)

Baca Juga: