Smartfren dianggap pemilik jaringan 4G terluas di Indonesia

11:44:00 | 30 Mar 2018
Smartfren dianggap pemilik jaringan 4G terluas di Indonesia

JAKARTA (IndoTelko) – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dinilai sebagai pemilik jaringan 4G terluas di Indonesia.

Hal itu dituangkan dalam laporan salah satu Lembaga Benchmark Internasional yang mengukur kekuatan sinyal dan jaringan pengguna smartphone di seluruh dunia.

“Penghargaan dan pengakuan dari lembaga internasional ini merupakan suatu bukti bahwa jaringan 4G LTE Smartfren adalah yang terluas di Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa 4G LTE dari Smartfren selalu mudah untuk diperoleh dimanapun para pelanggan berada,” ujar Chief Technology Officer Smartfren Shurish Subbramaniam dalam keterangan, kemarin.

Diklaimnya, Smartfren akan terus berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan akan akses dan konektivitas data 100% 4G LTE Advanced dimanapun mereka berada. “Tidak ada lagi jaringan 3G apalagi 2G yang disediakan oleh Smartfren, karena Smartfren full 4G LTE Operator,” katanya.

Sementara dalam laporan yang dikeluarkan Open Signal di portal resminya dinyatakan untuk periode  Agustus hingga Okotber 2017 dengan mengambil 9,047,107,899 datapoints dari 972,951 pelanggan di Indonesia, Telkomsel dianggap memberikan layanan 4G tercepat dengan rata-rata download 14.6 Mbps. (Baca: Kecepatan 4G di Indonesia)

XL berada di nomor dua soal kecepatan dengan 9.6 Mbps. Smartfren berada di nomor tiga dengan 6.82 Mbps, Tri dengan 5.12 Mbps, dan Indosat (3.27 Mbps).

Sementara untuk teknologi 3G, Telkomsel tetap jawara soal kecepatan dengan 5.6 Mbps, diikuti XL (2.8 Mbps),   Tri (2.2 Mbps), serta Smartfren dibawah 1 Mbps.

Kesimpulannya, Smartfren memang juara dari sisi jangkauan, tetapi dari sisi kecepatan, Telkomsel adalah jawaranya di Indonesia.(ak)  

Baca Juga: