Tri sukses layani trafik Lebaran 2017

09:23:30 | 29 Jun 2017
Tri sukses layani trafik Lebaran 2017
Menkominfo Rudiantara (baju putih) didampingi manajemen Tri Indonesia memantau jaringan operator itu jelang Lebaran 2017.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Operator Tri Indonesia (Tri) sukses melayani trafik komunikasi Lebaran 2017 walau ada lonjakan layanan data hampir 200% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pelanggan Tri aktif menggunakan sosial media, aplikasi instant messaging seperti WhatsApp dan menikmati manfaat telepon tanpa pulsa dan kuota fitur telepon di aplikasi WhatsApp dan Lines untuk menyampaikan ucapan dan salam Idul Fitri. Selain itu streaming juga menjadi aktivitas utama pelaggan Tri selama musim liburan, mudik dan Idul Fitri tahun ini.

“Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunkaan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri. Kami ucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan kepada solusi komunikasi kami,  juga selamat berlibur dan kembali ke kota masing masing dengan selamat,” ujar Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia Desmond Cheung dalam keterangannya, Kamis (29/6).

Diungkapkannya, sesuai dengan profile pelanggan Tri yang 70-80% adalah usia milenial dengan konsumsi layanan data yang tinggi, layanan data mendominasi lonjakan trafik data selama hari besar nasional ini dengan success rate hampir 100%.

Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60% dibandingkan hari biasa. Sementara aplikasi sosial media didomoniasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70%. Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT.  

Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80% dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60%. Hal ini menunjukkan bahwa Telepon Sepuasnya Tanpa Kuota dan Pulsa dengan Line, WhatsApp dan WeChat disambut positif oleh pelanggan Tri.

Layanan telepon dan SMS mengalami peningkatan dibanding trafik di hari biasa namun tidak tinggi. Namun demikian layanan ini beroperasi dengan success rate hampir 100%.

Peningkatan trafik secara umum berlangsung sejak H-14 dan pada periode tersebut terjadi peningkatan yang sangat tinggi. Trafik kembali normal pada H-1. Peningkatan trafik data  tertinggi terjadi di Purwokerto, Cirebon dan Balikpapan sejak H-4.

Jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah melakukan optimaisasi layanan dan infrastuktur untuk menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan selama menjalankan ibadah Ramadan, perjalanan mudik hingga pada puncaknya di perayaan Idul Fitri. Layanan data Tri tahun ini semakin optimal dengan hadirnya 4G LTE Tri di 234 kota kabupaten dan 7.300 pedesaan.

Trafik data Tri rata-rata per hari 3.000 Tb/hari, 35% adalah trafik 4G LTE. Tri fokus melakukan peningkatan kapasitas di jaringan 4G LTE untuk mengantisipasi lonjakan trafik data. Selain itu, Tri telah mempersiapkan 100 mobile BTS di jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera untuk mengakomodasi kepadatan trafik di jalur tersebut.

Layanan Pelanggan tetap beroperasi selama Hari Raya Idul Fitri mulai dari 40 3Store yang tersebar di seluruh Indonesia , 3Care layanan telepon 24 jam 7 hari di nomor 123, hingga chat atau berkomunikasi kepada petugas layanan pelanggan melalu aplikasi bima+, WA 08999800123, BBM Pin 24F1E25C.

"Optimalisasi layanan Tri telah teruji oleh pihak BRTI dimana hasil uji jaringan persiapan mudik menunjukkan kualitas layanan dan jaringan Tri menduduki urutan kedua terbaik," pungkasnya.(id)

Baca Juga: