Operator siap layani urang awak di Padang

07:00:50 | 19 Jun 2017
Operator siap layani urang awak di Padang

PADANG (IndoTelko) –  Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan operator seluler siap melayani masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) alias urang awak berkomunikasi selama musim libur lebaran mendatang.

“Padang diperkirakan akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional karena cukup banyak warga Padang yang tinggal di Jakarta serta di kota dan pulau lainnya, selain itu Padang juga menjadi kota transit mudik dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya Karena itu kami lakukan uji petik layanan operator di Padang,” ungkap Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin pada siaran pers BRTI, Minggu (18/6).  

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap 4 hal yaitu pertama, uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung. Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS.

Ketiga, uji kualitas Layanan Mobile Internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh, tingkat keberhasilan unduh serta Keempat, uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di kota.

Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Padang dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik antara lain Bandara Minangkabau untuk Moda Pesawat Terbang, Terminal Bus ALS untuk Moda Angkutan Darat serta Pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Muaro Padang untuk Moda Angkutan Laut.  

Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama di kota Padang.

Dari hasil uji petik terhadap kualitas jaringan semua operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Padang yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, H3I dan Smartfren, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali karena secara umum semua pencapaian berada diatas target yang diharapkan untuk mampu melayani masyarakat dengan baik.  

“Namun demikian, diminta seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan terutama mobile internet di semua tempat keramaian (place of interest) dan cakupan mobilitas karena akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.(wn)

Baca Juga: