Jaringan operator siap layani arus mudik di Medan

07:44:56 | 18 Jun 2017
Jaringan operator siap layani arus mudik di Medan

MEDAN (IndoTelko) – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan jaringan operator telekomunikasi di Medan siap mengantisipasi potensi peningkatan serta pergerakan trafik, khususnya selama arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran 2017.

"Dari hasil uji petik di Medan, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik karena secara umum semua pencapaian berada diatas target yang diharapkan untuk mampu melayani masyarakat dengan baik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa jaringan telekomunikasi seluler di Medan dan sekitarnya siap melayani arus mudik, lebaran dan arus balik tahun 2017," kata Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin, kemarin.

Menurutnya, Medan diperkirakan akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional karena cukup banyak warga Medan yang tinggal di Jakarta serta di kota dan pulau lainnya, selain Medan juga menjadi kota keberangkatan mudik dengan tujuan wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Mudik merupakan ritual rutin bagi masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar tercinta di kampung halaman.

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap 4 hal yaitu pertama, uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung.

Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS. Ketiga, uji kualitas Layanan Mobile Internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh, tingkat keberhasilan unduh serta Keempat, uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di kota Medan.

Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Medan dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik antara lain Bandara Kualanamu untuk Moda Pesawat Terbang, Stasiun Kereta Api Medan untuk Moda Angkutan Kereta Api, Terminal Bus Ampelas untuk Moda Angkutan Darat serta Pelabuhan Laut Belawan untuk Moda Angkutan Laut.  Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama di kota Medan.

"Kami minta seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan terutama mobile internet di semua tempat keramaian (place of interest) dan cakupan mobilitas (termasuk jalur tol fungsional untuk mudik dan arus balik), karena akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat," katanya.(wn)

Baca Juga: