BRTI lakukan uji petik QoS operator di Batam

11:30:44 | 02 Jun 2017
BRTI lakukan uji petik QoS operator di Batam
Imam Nashiruddin (dok)

BATAM (IndoTelko) – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan uji petik terhadap kualitas layanan (Quality of Service/QoS) terhadap jaringan operator telekomunikasi  guna antisipasi potensi peningkatan serta pergerakan trafik telekomunikasi, khususnya saat arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran.

Anggota  Komisioner BRTI, Dr. Muhammad Imam Nashiruddin dalam keterangannya mengatakan dari hasil uji petik kualitas layanan telekomunikasi pada titik keberangkatan mudik di Batam maupun Jalan utama kota Batam (Innercity), didapatkan bahwa semua jaringan operator selular di Batam telah memenuhi tolok ukur yang ditetapkan dan siap melayani masyarakat sebaik-baiknya baik saat arus mudik, lebaran maupun arus balik 2017.

“Namun demikian, diminta kepada seluruh operator telekomunikasi seluler untuk memperbaiki coverage di wilayah Batam khususnya jaringan mobile internet pada beberapa titik yang masih belum baik,” katanya dalam keterangan, Jumat (2/6).

Diungkapkannya, pegujian kesiapan jaringan telekomunikasi dilaksanakan di 7 Kota di Indonesia diantaranya Batam, Jakarta, Balikpapan, Semarang, Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan Padang.

Batam ditunjuk menjadi kota pertama mengingat sebagai kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Batam juga dikategorikan sebagai salah satu titik keberangkatan mudik, bersama dengan Jakarta dan Balikpapan. Penduduk di Kota Batam didominasi oleh pendatang yang sebagian besar berasal dari kota-kota di pulau Jawa dan Sumatera yang akan menjadi kota tujuan arus mudik.

Untuk memastikan kualitas layanan, dilakukan pengujian terhadap dua kategori yaitu jaringan telekomunikasi dan fasilitas pendukung. Pengujian jaringan telekomunikasi seluler yang dilakukan salah satunya adalah Drive Test dengan menggunakan metode pengujian yang sudah ditentukan. Objek uji meliputi cakupan dan kualitas sinyal, Layanan Telepon, Layanan Pesan Singkat (SMS) dan Layanan Mobile Internet.

Uji kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Batam telah dilaksanakan pada bulan Mei 2017 dan dipusatkan pada titik-titik yang diperkirakan menjadi keberangkatan mudik dari Batam antara lain Bandara Hang Nadim untuk Moda Pesawat Terbang, serta dari Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Punggur, Harbour Bay dan Waterfront (Nongsa) untuk Moda Angkutan Laut.

BRTI memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik terutama menjelang keberangkatan mudik di Batam rata-rata sebesar 150%  dibandingkan hari biasa.

Sementara itu, untuk memastikan kesiapan fasilitas pendukung mudik, BRTI juga melakukan kunjungan ke operator seluler dan operator telekomunikasi lainnya. Pada kunjungan tersebut dilakukan pengecekan fasilitas-fasilitas yaitu pelayanan pelanggan &call center, distribusi voucher, network operation center (command center), disaster recovery management, serta fasilitas pendukung lainnya.

Kunjungan ke Kantor Telkom Batam Bukit Dangas menjadi salah satu rangkaian dari aktivitas pengecekan fasilitas pendukung mudik. Pada kesempatan tersebut, Telkom menjelaskan beberapa aktivitas untuk memantau dan memastikan kualitas jaringan melalui Program TelkomGroup Siaga Ramadhan dan Idul Fitri.

Melalui pengujian kedua kategori tersebut, diharapkan performansi jaringan dapat terpantau dengan baik, sehingga para operator telekomunikasi mampu melayani pelanggan dengan tetap memenuhi kriteria yang dipersyaratkan, khususnya dalam mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran tahun 2017.(wn)

Baca Juga: