Layanan data Indosat absen di Replika Sekolah Laskar Pelangi

13:16:39 | 27 Dec 2016
Layanan data Indosat absen di Replika Sekolah Laskar Pelangi
Proses uji jaringan (dok)

BELITUNG (IndoTelko) – Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila berkunjung ke Belitung adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi.  Malah, di kalangan para pelancong dan wisatawan lokal, belum sempurna ke Belitung bila belum ke tampat syuting film Laskar Pelangi ini. 

Terletak di Manggar, Kabupaten  Belitung Timur.  Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam dari Tanjung Pandan.  Untuk masuk ke kawasan sekolah ini, pengunjung dikenakan biaya Rp. 3 ribu yang merupakan retribusi resmi dari pemerintah daerah Belitung. 

Pengujian jaringan di sekolah ini kami lakukan di hari kedua, Rabu, 21 Desember 2016, pukul 15.30 Wib selama sekitar 1 jam.  Ponsel yang kami gunakan masih seri Asus Zenfone 3 Max yang sudah berbekal RAM sebesar 3 Gb dan menggunakan aplikasi uji Sensorly, SpeedTest, dan nPerf. 

Dari pengamatan daya tangkap sinyal yang ada di lima ponsel Asus yang kami gunakan, seperti biasa saat pertama kali kami mendarat di Belitung, operator Tri dan Smartfren masih absen, tanpa layanan sedikit pun.  Namun ada satu tambahan operator yang blank spot alias tanpa sinyal, yakni Indosat. 

Layanan data Indosat absen di Replika Sekolah Laskar Pelangi

Sinyal Indosat Hilang

Di kawasan Manggar ini, Indosat sama sekali tak menunjukkan sinyalnya.  Indikator sinyal di ponsel yang kami gunakan menunjukkan tanda silang yang mengindikasikan bahwa tak ada sinyal yang bisa diberikan oleh Indosat.

Dua teknologi dari XL dan Telkomsel

Sementara tiga operator lainnya absen, indikator sinyal XL dan Telkomsel menunjukkan keberadaannya di kawasan ini.  Meskipun keduanya menyuguhkan teknologi dan kekuatan yang berbeda.  XL hanya mampu menyuguhkan layanan 3G HSDPA+ dengan indikator sinyal 3 bar dari 4 bar yang tersedia.  Sementara Telkomsel kembali unjuk kekuatan di tanah luar Jawa dengan jaringan 4G nya.  Sayangnya jaringan 4G milik operator yang ber-tagline paling Indonesia ini hanya mampu menangkap sinyal hingga 2 bar dari 4 bar maksimal yang tersedia.

Pengujian jaringan pun hanya bisa maksimal dan sempurna menggunakan aplikasi Sensorly.  Dua aplikasi lainnya yakni SpeedTest dan nPerf kerap ngadat saat diajak untuk mengukur kekuatan sinyalnya.

Hasil pengujian dengan aplikasi Sensorly menunjukkan kekuatan jaringan operator XL dengan HSDPA+ nya hanya mampu mencapai kecepatan unduh di angka 4,88 Mbps dan kecepatan upload nya di angka 0,38 Mbps.

Layanan data Indosat absen di Replika Sekolah Laskar Pelangi

Jaringan XL Mumpuni

Sementara jaringan 4G Telkomsel yang selalu hadir di beberapa destinasi wisata yang sudah kami kunjungi di Belitung ini menunjukkan kekuatan unduhnya di angka 5,92 Mbps dan angka upload di kecepatan 0,64 Mbps dan indikator Ping  153 ms.

Layanan data Indosat absen di Replika Sekolah Laskar Pelangi

Telkomsel Konsisten di 4G

Kesimpulan dari pengujian jaringan di kawasan wisata Replika Laskar Pelangi ini adalah bahwa dua operator XL dan Telkomsel selalu konsisten hadir.  Bahkan tak hanya di kawasan ini, namun di destinasi wisata lainnya pun keduanya kompak memberikan layanan.  Sedangkan dua operator lainnya yakni Tri dan Smartfren memang tidak memberikan layanan di pulau ini.  Sementara Indosat hadir tidak begitu konsisten, kadang muncul dan kadang menghilang bak hidup enggan mati tak mau (sg).

Baca Juga: