Layanan data Telkomsel prima di Pantai Tanjung Tinggi

07:42:53 | 23 Dec 2016
Layanan data Telkomsel prima di Pantai Tanjung Tinggi
Penampakan Blank Spot Sinyal (dok)

BELITUNG (IndoTelko) – Setelah mengukur kekuatan akses data di Pantai Tanjung Kelayang, kami bergeser ke kawasan Pantai Tanjung Tinggi. 

Menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Pantai Tanjung Kelayang, kami pun tiba di pantai yang terkenal sebagai tempat lokasi film Laskar Pelangi.  Di sini pula terpampang sebuah plang yang berisi informasi bahwa di sinilah film Laskar Pelangi pernah dibuat.

Pengujian kami lakukan pada Selasa, 20 Desember 2016 pukul 12.23 Wib.  Mesin uji yang kami gunakan tidak ada perubahan. Masih menggunakan Sensorly, SpeedTest, dan nPerf.  Lima ponsel yang kami gunakan untuk 5 operator Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren, dan XL adalah Asus Zenfone 3 Max yang sudah berbekal RAM sebesar 3 Gb.

Seperti biasa, langkah pertama yang kami lakukan dalam proses uji ini adalah mengecek daya tangkap sinyal di masing-masing ponsel.  Hasilnya sangat mengejutkan.  Tidak ada jaringan operator yang bisa ditangkap oleh ponsel Asus Zenfone 3 Max selain sinyal 4G Telkomsel.

Operator XL yang sebelumnya bersanding dengan Telkomsel di Pantai Tanjung Kelayang, di luar dugaan hilang dari peredaran. 

Sinyal XL hanya sesekali saja terdeteksi di area pantai Tanjung Tinggi ini, itu pun hanya satu bar.  Berkali-kali kami coba mengotak-atik ponsel agar sinyal bisa didapat secara maksimal, namun hal tersebut sia-sia.  Blank spot nya jaringan XL di sini, membuat XL mesti menemani Smartfren, Tri, dan Indosat di pinggir “lapangan”, keempatnya hanya duduk sebagai penonton dalam uji jaringan di ttik uji Pantai Tanjung Tinggi.

4G Telkomsel Ngebut

Meski sendirian di kawasan ini, Telkomsel tidak mengendurkan kekuatannya untuk akses data.  Dari hasil pengujian, keluar masuk berbagai video di Youtube dan sekaligus memutarnya dalam durasi yang cukup lama, tidak ada kendala dan hambatan yang berarti. Kekuatan jaringan operator ini terbilang baik.

Dalam angka hasil pengujian pun demikian.  Sinyal 4G yang didapat dan muncul di layar ponsel, mampu memberikan kekuatan yang bisa diandalkan.  Hasil pengujian dengan aplikasi Sensorly, kekuatan unduh Telkomsel mencapai angka 17,86 Mbps.  Namun akses uploadnya sangat mengecewakan, hanya di angka 1,15 Mbps. 

Layanan data Telkomsel prima di Pantai Tanjung Tinggi

Sementara di aplikasi SpeedTest, Telkomsel unjuk kekuatan di daya sedot datanya dengan kecepatan maksimal mencapai 20,73 Mbps I jaringan 4G, dan kecepatan unduhnya mencapai 2,59 Mbps.

Layanan data Telkomsel prima di Pantai Tanjung Tinggi

Tak jauh berbeda hasil pengujian dengan aplikasi nPerf.  Angka kecepatan unduh rata-rata mencapai 20,63 Mbps dan kecepatan unduh tertinggi hingga 22,40 Mbps.  Di akses upload, Telkomsel hanya punya kecepatan tertinggi 1,62 Mbps dan kecepatan rata-rata upload hingga 1,11 Mbps.

Layanan data Telkomsel prima di Pantai Tanjung Tinggi

Kesimpulan dari hasil uji di titik uji Pantai Tanjung Tinggi ini antara lain: Pertama, hanya ada sinyal 4G di kawasan ini,  Sinyal 4 operator lainnya tidak muncul.  Hanya sinya XL saja yang sesekali muncul satu bar.  Kedua, Telkomsel memberikan jaringan 4G dan sangat bisa diandalkan.   (sg)

Baca Juga: