Uji Jaringan di Pantai Anyer

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

12:33:06 | 16 Nov 2016
Operator dukung sektor pariwisata di Banten
Proses uji jaringan 5 operator (Foto diambil menggunakan ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus dengan mode pantai)

BANTEN (IndoTelko) – Pengujian jaringan memasuki hari kedua.  Setelah bermalam di kota Cilegon, tim uji jaringan IndoTelko Group kembali bersiap menuju titik uji selanjutnya, yakni di 5 destinasi wisata. 

Perjalanan dimulai pukul 08.00 Wib langsung menuju kawasan pantai Anyer.  Setelah menempuh perjalanan selama satu jam, kami memasuki kawasan pantai bebas yang dikelola oleh individu, sebagai salah satu destinasi wisata di area itu. 

Di sinilah titik uji pertama di hari kedua, Rabu, 9 November 2016 pukul 09.09 Wib.  Proses uji kami lakukan persis di pinggir pantai yang banyak terdapat pondokan-pondokan sebagai tepat beristirahat para pengunjung.

Indikator sinyal cukup

Seperti biasanya, sebelum pengukuran kekuatan jaringan berupa kecepatan download dan upload, kami melihat dulu kondisi indicator sinyal yang di dapat.  Hasilnya, kelima operator mampu memberikan sinyal terbaik.  Indikator sinyal nyaris full bar pada semua ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus yang kami gunakan sebagai perangkat uji.

Dari indikator sinyal yang ada, hanya Smartfren yang memberikan suguhan indikator sinyal 4G. Sementara 4 operator lainnya yakni Indosat, Telkomsel, Tri, dan XL kesemuanya hanya menyuguhkan jaringan 3G.

Sebagaimana yang sudah kami utarakan saat proses pengujian jaringan di hari pertama, uji jaringan kali ini berbeda dengan uji jaringan yang pernah kami lakukan sebelumnya.  Kami mencoba melakukannya seadil mungkin dengan salah satu cara menggunakan jenis dan tipe ponsel yang sama sebagai perangkat uji.

Ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus jadi pilihan.  Ponsel ini memiliki fitur dan teknologi mutakhir yang bisa diandalkan khususnya saat bekerja di jaringan 4G.

Prosesor yang digunakan sudah 4 otak alias quadcore.  Memori atau RAM yang dibenamkan di dalamnya pun sudah mencapai 3 Gb. (baca juga : Hasil Uji Lenovo Vibe K-5 Plus). 

Ponsel ini pun terbilang tak ketinggalan jaman untuk urusan kamera.  Pabrikannya sudah membenamkan kualitas kamera hingga 13 megapiksel lengkap dengan lampu penerang tambahan alias flash.  Karenanya, semua foto-foto yang kami tayangkan di portal Indotelko.com dan IndiTOURIST.com kami bidik dan rekam dengan ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus ini.

Hasil uji dan kecepatan akses data

Proses uji kami lanjutkan dengan mengukur jaringan dan kekuatan akses data dengan aplikasi penguji SpeedTest.  Berikut fakta jaringan dan kekuatan unduh dan upload dari masing-masing operator dalam gambar.

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

Hasil uji Indosat

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

Hasil uji Smartfren

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

Hasil uji Telkomsel

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

Hasil Uji Tri

Operator dukung sektor pariwisata di Banten

Hasil Uji XL

Pengujian jaringan di kawasan pantai ini terbilang lebih mudah.  Pasalnya semua operator sudah mengcover wilayah ini, meskipun hanya Smartfren yang memberikan layanan 4G.  Secara umum yang bisa disimpulkan dalam uji jaringan di titik ini adalah bahwa dengan melihat kekuatan jaringan dan coverage area semua operator di kawasan ini, bisa disimpulkan bahwa sektor pariwisata mendapat dukungan penuh dari operator teleomunikasi.  Sesuai harapan dari kementerian pariwisata yang dipimpin Arief Yahya mantan Direktur Utama Telkom.  (sg)

Baca Juga: