4G LTE Telkomsel tampil sangar di Pelabuhan Merak

10:30:58 | 14 Nov 2016
4G LTE Telkomsel tampil sangar di Pelabuhan Merak
Pengujian jaringan dengan SpeedTest (Idt)

BANTEN (IndoTelko) – Perjalanan Jakarta-Merak via jalan Tol telah menghasilkan 4 titik pengujian jaringan. Kini titik paling ujung barat pulau Jawa ini menjadi titik kelima yang kami uji sebelum kami mengakhiri perjalanan hari pertama ini di kota Cilegon. 

Adalah Pelabuhan Merak. Titik uji ini termasuk kawasan strategis yang sangat membutuhkan akses jaringan telekomunikasi paling baik yang dituntut oleh pelanggan.  Sebagai pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Jawa dan Sumatera, Merak setiap harinya dilewati ribuan kendaraan yang hendak menyeberang baik dari Merak atau sebaliknya.

Pengujian kami lakukan pada Selasa, 8 November 2016 pukul 15.30 Wib.  Di awal pengujian jaringan di kawasan Merak ini, Nampak kelima operator Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL sama-sama sudah mengcover wilayah ini.  Telepon dan SMS berjalan dengan baik, tidak ada kendala sama-sekali.

Akses data

Setelah melakukan pengujian jaringan dengan bertelepon dan SMS, kami melanjutkan dengan mengukur kecepetan akses data dan teknologi yang digunakan oleh kelima operator ini.

Proses uji jaringan di titik kelima ini kami lakukan dengan sistem dan perangkat yang sama dengan pengujian di titik km 13,5, titik kawasan Karawaci, titik km 43, dan titik uji kota Serang. Ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus yang sudah berfitur lengkap dan punya teknologi mutakhir sehingga so pasti mumpuni khususnya di jaringan 4G.

Ponsel ini menggunakan prosesor 4 otak alias quadcore.  Memori atau RAM yang dibenamkan di dalamnya pun sudah mencapai 3 Gb.  Ini pula yang membuat dukungan maksimal terhadap kekuatan jaringan yang diberikan operator (baca juga : Hasil Uji Lenovo Vibe K-5 Plus).

Memantau lima layar ponsel, nampak hanya tiga operator saja yang indikatornya sudah menunjukkan 4G. Ketiganya adalah Smartfren, Telkomsel, dan XL.  Sedangkan dua operator lain yakni Indosat dan Tri hanya berjaringan 3G dengan teknologi UMTS.

Kecepatan timpang

Di titik uji Pelabuhan Merak, selain menggunakan perangkat Lenovo Vibe K-5 Plus, kami menggunakan tiga aplikasi uji sekaligus, yakni SpeedTest, Sensorly, dan nPerf.  Hasilnya cukup mengejutkan.  Terjadi ketimpangan kecepatan akses data yang sangat signifikan antar operator.

Pertama kami melakukan uji dengan mesin uji SpeedTest.  Di tiga operator penyuguh jaringan 4G, Telkomsel paling dominan dengan akses unduh berkecepatan hingga 59,18 Mbps. Kecepatan paling besar dari semua titik uji yang kami lewati di hari pertama ini.  Sementara akses upload operator ini mencapai 17,58 Mbps. 

Lalu dua operator lainnya XL dan Smartfren masing-masing berkekuatan unduh sebesar 27,18 Mbps dan 0,84 Mbps.  Sedangkan akses untuk upload berkecepatan masing-masing hingga 16,80 Mbps dan 2,95 Mbps.

Beda tipis dengan hasil pengujian dengan Speedtest.  Di Aplikasi Sensorly, terlihat pada layar  Lenovo Vibe K-5 Plus, kecepatan download Telkomsel mencapai 42,65 Mbps dengan kecepatan upload mencapai 17,52 Mbps.  Sedangkan Smartfren dengan aplikasi yang sama, hanya menunjukkan daya sedot untuk download sebesar 0,93 Mbps dan upload sebesar 2,80 Mbps.  Sementara XL punya kecepatan unduh hingga 14,32 Mbps dan upload 3,27 Mbps.

4G LTE Telkomsel tampil sangar di Pelabuhan Merak

Hasil uji Sensorly

Pengujian dengan nPerf

Pengujian kami lanjutkan dengan menggunakan aplikasi nPerf.  Aplikasi ini memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang dua aplikasi lainnya.  nPerf mampu mengukur kecepatan jaringan tidak hanya dalam hal browsing dan download saja, namun pengukuran juga merata hingga kecepatan dan kekuatan dalam hal menonton video.

Hasil uji dengan nPerf menunjukkan lagi-lagi Telkomsel paling dominan dan lebih cepat ketimbang XL atau pun Smartfren.  Kecepatan Telkomsel untuk mendownload sebesar 54,40 Mbps dengan rata-rata kecepatan 46,83 Mbps.  Sedangkan skor akhir pengujian di aplikasi ini adalah 38576 nPoints. 

Lalu, XL berada di posisi kedua dengan kekuatan download sebesar 27,77 dan rata-rata kecepatannya mencapai 20,94 Mbps.  Skor akhir untuk XL sendiri berada di angka 17574 nPoint.  Sementara Smartfren justru tak mampu berbuat banyak.  Kekuatan downloadnya hanya sebesar 2,50 Mbps dengan kecepatan rata-rata sebesar 1,64 Mbps.  Sedangkan skor akhir pengujian operator ini cuma berada di angka 1572 nPoints.

4G LTE Telkomsel tampil sangar di Pelabuhan Merak

Hasil uji nPerf

Beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari hasil pengujian jaringan di kawasan Merak ini adalah bahwa semua operator sudah mengcover wilayah Pelabuhan Merak dan sekitarnya.  Bagi pengunjung yang sangat membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi, kami merekomendasikan Telkomsel untuk dipilih.  Terbukti dari hasil uji 3 aplikasi ujinya.  Operator plat merah ini sangat dominan.

Meski begitu, operator seperti XL yang juga sudah 4G, tak layak pula ditinggalkan.  Kecepatan akses data milik XL tergolong baik dan bisa diandalkan pula untuk sekedar berselancar atau menonton video di Youtube. (sg)

Baca Juga: