Menikmati 4G di Karawaci

07:46:03 | 10 Nov 2016
Menikmati 4G di Karawaci
Hasil uji dengan nPerf (Idt)

BANTEN (IndoTelko) – Masih di pinggiran Banten, uji layanan operator di propinsi yang dipimpin oleh Gubernur Rano Karno ini masuk ke titik uji kedua yakni kawasan Karawaci. 

Karawaci kami pilih sebagai salah satu target titik uji lantaran kawasan ini termasuk wilayah strategis. Setidaknya Karawaci muncul menjadi kota tersendiri yang super mini dengan berbagai sarana dan prasarana yang komplet.

Selain pusat perbelanjaan di Mall Karawaci, di area ini juga terdapat perguruan tinggi ternama dan tergolong elit, Universitas Pelita Harapan, dan komplek perumahan kelas atas.

Waktu Uji

Proses uji jaringan kami lakukan pada Selasa, 8 November 2016 dimulai pada pukul 10.06 Wib hingga 1 jam setelahnya.  Pengujian mencakup semua operator seluler yang sama-sama sudah memberikan layanan 4G meski dengan cakupan wilayah yang berbeda-beda.

Demi keadilan dan independensi, uji jaringan kali ini berbeda dengan uji jaringan yang pernah kami lakukan sebelumnya.  Kami mencoba melakukannya seadil mungkin dengan salah satu cara menggunakan jenis dan tipe ponsel yang sama sebagai perangkat uji.

Ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus jadi pilihan.  Ponsel ini memiliki fitur dan teknologi mutakhir yang bisa diandalkan khususnya saat bekerja di jaringan 4G.

Prosesor yang digunakan sudah 4 otak alias quadcore.  Memori atau RAM yang dibenamkan di dalamnya pun sudah mencapai 3 Gb. (baca juga : Hasil Uji Lenovo Vibe K-5 Plus).

Ponsel ini pun terbilang tak ketinggalan jaman untuk urusan kamera.  Pabrikannya sudah membenamkan kualitas kamera hingga 13 megapiksel lengkap dengan lampu penerang tambahan alias flash.

Saat bosan dalam perjalanan proses pengujian jaringan di kawasan Banten ini, kami bisa mendengarkan musik bersama lewat speaker yang ada di bagian belakang Vibe K-5 Plus ini.  Daya tahan baterainya pun sudah teruji yang mampu aktif dan eksis seharian penuh.

Empat operator

Seperti biasa, langkah pertama yang kami lakukan dalam proses uji jaringan adalah mengintip daya tangkap sinyal operator di masing-masing ponsel.  Indikator sinyal yang muncul di layar ponsel empat operator ternyata sudah menunjukkan kemampuan menangkap sinyal 4G.  Kecuali operator Tri yang memang layanan 4G nya belum disebar di kawasan ini.  

Cukup berbeda dari hasil uji di titik uji pertama kawasan Rest Area Km 13,5 (baca juga : Tiga operator suguhkan 4G)

Indikator sinyal Tri di kawasan ini menunjukkan layanan 3G+ yang biasa dikenal sebagai teknologi HSPA+.  Indikator sinyal di ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus yang terselip sim card Tri nampak cukup penuh.  Pengujian kami lakukan menggunakan aplikasi n-Perf  yang punya kemampuan melakukan pengujian dan pengukuran kekuatan jaringan secara menyeluruh.

Hasil uji jaringan Tri menunjukkan performa untuk browsing mencapai 83,59 persen dan streaming mencapai 73,77 persen.  Sementara skor akhir yang muncul dan menjadi kesimpulan akhir hasil uji mencapai 801 nPoints.

Menikmati 4G di Karawaci

Hasil Uji Tri

Performa 4G

Di jalur 4G, kekuatan jaringan Smartfren sangat mendominasi.  Kekuatan unduh operator ini rata-rata mencapai 30,12 Mbps dan untuk upload rata-rata kecepatan 4,55 Mbps.  Performa browser Smartfren mencapai 91,08 persen dan performa treamingnya hingga 88,08 persen.  Sedangkan skor total yang didapat dari aplikasi nPerf untuk Smartfren mencapai 23.966 nPoints. 

Kekuatan jaringan 4G Telkomsel juga tak mau kalah. Kecepatan maksimal untuk  mendownload mampu mencapai angka 10,16 Mbps dan kekuatan unduhnya hingga 6,09 Mbps.

Sedangkan skor akhir yang ditunjukkan di layar Lenovo Vibe K-5 Plus, Telkomsel dinilai oleh nPerf dengan skor akhir 7364 nPoints. Saat digunakan untuk mengunduh dan mendengarkan musik di aplikasi JOOX, terasa sangat lancar dan tidak ada kendala. Pun saat menonton video streaming tidak ada gangguan sama sekali.   

Dua operator lainnya yakni Indosat dan XL memiliki skor akhir masing-masing sebesar 4742 nPoints dan 4965 nPoints.  Kisaran rata-rata kekuatan downloadnya antara 5 hingga 6,5 Mbps.  Sedikit nilai minus dari hasil uji kedua operator ini adalah dalam hal browsing.  Performa keduanya untuk pengujian browsing hanya mencapai presentase 31,27 persen dan 45,12 persen. 

Secara umum yang bisa disimpulkan dalam uji jaringan di titik ini adalah bahwa coverage area 4G sudah mampu melayani kawasan Karawaci dan sekitarnya. Meski pun kualitas layanan khususnya kekuatan jaringannya belum begitu maksimal.

Namun saat pengujian dilakukan, berbagai aplikasi dan fitur-fitur mutakhir yang membutuhkan koneksi internet di ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus berjalan sesuai harapan.  Streaming, Youtube, atau sekedar berkeliling situs-situs favorit tidak ada kendala sama sekali.

Koneksi 4G di kawasan ini joss! (sg)

Baca Juga: