Rest Area Km 13,5

Tiga operator suguhkan 4G di tol Jakarta-Merak

08:24:44 | 09 Nov 2016
Tiga operator suguhkan 4G di tol Jakarta-Merak
Kesiapan uji jaringan, perangkat dan paket data (Idt)

JAKARTA (IndoTelko) – Jalan tol Jakarta-Merak, merupakan akses pilihan utama bagi siapa saja yang ingin menuju Serang, Cilegon, Anyer/Carita, atau pun Merak.

Perjalanan meyusuri kekuatan sinyal operator seluler hari pertama ini kami mulai dari kawasan Tol Kebon Jeruk hingga masuk tol Jakarta-Merak. (Baca juga : Menguji layanan operator seluler di Tanah Banten)

Titik persinggahan kami pertama adalah rest area di Km 13,5. Pengujian kami lakukan pada Selasa, 8 November 2016 pukul 08.58 Wib selama kurang lebih 1 jam. Sambil menyeruput kopi dan semangkuk mie instant dalam momen sarapan pagi ini, tim uji jaringan IndoTelko Group memantau daya tangkap sinyal dan kekuatan layanan operator di kawasan ini.

Berdasarkan tampilan di layar 5 ponsel Lenovo Vibe K5-Plus yang kami gunakan sebagai perangkat uji, indikator sinyal kelima operator yang muncul di ponsel bercasing gold ini berbeda-beda.  Indikator sinyal 4G hanya muncul di tiga ponsel yakni Smartfren, Telkomsel, dan XL.  Sementara sinyal 3G ada di layar ponsel yang terselip simcard Indosat dan Tri.

Berdasarkan data di website masing-masing operator, di kawasan Km 13,5 jalan Tol Jakarta –Merak, coverage area 4G memang belum semua operator yang menebarkan sinyal 4G.  Seperti halnya Tri yang notabene layanan 4G nya baru meliputi wilayah Jakarta saja, dan itupun belum semua tercover 4G.

Kekuatan sinyal

Kekuatan akses data masing-masing operator menunjukkan kelasnya masing-masing.  Pada titik uji kali ini kami menggunakan aplikasi penguji n-Perf yang memiliki mesin uji meliputi keseluruhan akses baik donwload, upload, masuk ke situs sosial media, hingga pengujian video streaming.

Hasil pengujian untuk 3 operator yang berkekuatan 4G, memiliki ketimpangan dari angka skor akhir yang muncul di layar ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus.  Telkomsel lebih dominan di kawasan KM 13,5 ini.  Skor pengujian akhir operator anak perusahaan Telkom ini menunjukkan angka 15130 nPoints.  Disusul oleh Smartfren sebesar 7730 nPoints, dan XL 2287 nPoints.  Berikut detil hasil ujinya :

  Download    Upload   Skor Akhir
Smartfren 14,30 1,72 7730
Telkomsel 24,94 16,17 15130
XL 4,02 2,64 2287

 

Tiga operator suguhkan 4G di tol Jakarta-Merak

Hasil uji 3 operator 4G

Sementara Indosat dan Tri yang mengcover jaringan 3G di kawasan ini, punya kekuatan yang terlihat merata.  Kedua operator ini hanya mampu menunjukkan daya download tidak lebih dari 2 mbps.  Indosat misalnya.  Operator satu ini memiliki kekuatan download sebesar 1,40 Mbps dan rata-rata kekuatan sebesar 1,19 Mbps.  Nilai akhir hasil uji dengan aplikasi nPerf ini menunjukkan points sebesar 886.

  Download    Upload      Skor Akhir
Indosat   1,40 0,61 886
Tri  0,89  0,28 371
       

Tiga operator suguhkan 4G di tol Jakarta-Merak

Hasil uji 2 operator 3G

Kesimpulan dari penelusuran jaringan di rest area Km 13,5 ini adalah bahwa kawasan ini merupakan salah satu titik strategis yang mesti diberikan layanan telekomunikasi terbaik oleh para operator.

Rest area ini merupakan tempat peristirahatan pertama yang disuguhkan oleh pihak pengelola jalan tol Jakarta-Merak.  Selain tempat pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan yang lewat, di sini juga tersedia mini market dan tempat mengisi perut atau sekedar kongkow-kongow.

Dari hasil pengujian kekuatan jaringan kelima operator, nampak kelimanya belum maksimal dalam memberikan kualitas layanan terutama akses data.  Meski berkekuatan 4G, kecepatan download Smatfren, Telkomsel, dan XL belum menunjukkan kelasnya di teknologi 4G yang punya kemampuan akses data hingga 100 Mbps. 

Begitu pula Indosat dan Tri yang berjaringan 3G.  Keduanya belum memberikan kemampuan maksimalnya dalam hal akses data di teknologi 3G. (sg)

Baca Juga: