Telkomsel janji tak kendor jaga kedaulatan digital NKRI di Perbatasan

17:32:35 | 23 Aug 2016
 Telkomsel janji tak kendor jaga kedaulatan digital NKRI di Perbatasan
Suasana Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan 2016 di Alor (dok)

ALOR (IndoTelko) - Penguasa seluler nasional, Telkomsel berjanji tak akan kendor membangun jaringan di daerah perbatasan dalam rangka mendukung kedaulatan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami tak akan berhenti membangun BTS-BTS di daerah perbatasan. Kita tak akan mundur walau diterpa isu monopoli karena menjaga kedaulatan digital NKRI di daerah perbatasan. Kita tak bisa menunggu operator lain datang ikut membangun. Ini masalah menjaga martabat dan kedaulatan bangsa," tegas Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di sela-sela kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2016 bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Kalabahi, Kabupaten Alor, Selasa (23/8).

Menurutnya, kehadiran layanan telekomunikasi yang menjangkau setiap jengkal wilayah Indonesia merupakan wujud untuk memerdekakan seluruh masyarakat di NKRI dari keterisolasian komunikasi. Selain itu, hadirnya akses telekomunikasi bagi masyarakat setempat juga diharapkan dapat mendorong pembangunan di daerah perbatasan, diantaranya mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah, serta meningkatkan daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru.

Saat ini sebanyak kurang lebih 200 ribu jiwa masyarakat di Kabupaten Alor telah dilayani oleh lebih dari 70 base transceiver station (BTS) Telkomsel. Terbukanya akses komunikasi di wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Republik Demokrat Timor Leste ini, diharapkan juga dapat membantu TNI khususnya dalam menunjang berbagai kegiatan operasional tentara yang bertugas di garda terdepan.

Adapun secara nasional, saat ini Telkomsel telah mengoperasikan 627 BTS yang berlokasi di perbatasan dengan Singapura, Malaysia, Vietnam, Timor Leste, Australia, Filipina, dan Papua Nugini. Dari 627 BTS yang berbatasan langsung dengan tujuh negara tetangga tersebut, 148 di antaranya merupakan BTS 3G yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan data.

Dari seluruh BTS Telkomsel di perbatasan negara, 16 BTS berlokasi di Batam dan Bintan yang berbatasan dengan Singapura; 202 BTS berbatasan dengan Malaysia di Dumai, Rokan, Bintan, Karimun, Anambas, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera bagian Utara, Rokan Hilir; 63 BTS di Natuna dan Anambas berbatasan dengan Vietnam, 173 BTS di Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan Timor Leste; 64 BTS di Pulau Rote dan Maluku berbatasan dengan Australia; 70 BTS di Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina; dan 39 BTS di Papua bagian Timur berbatasan dengan Papua Nugini.

Ke depannya, Telkomsel berupaya memperluas jangkauan jaringan di wilayah Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. Secara nasional Telkomsel telah menggelar lebih dari 118.000 BTS hingga penjuru Tanah Air yang menjangkau hingga 95% wilayah populsi penduduk Indonesia.(dn)

Baca Juga: