Inisiatif Digital ASEAN diluncurkan

12:47:18 | 29 Apr 2018
Inisiatif Digital ASEAN diluncurkan
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama dengan Menteri ASEAN meluncurkan Digital ASEAN pada hari Kamis (26/4)  di Singapura dalam rangkaian acara workshop kick-off pertemuan official pertama Board of Governors yang tergabung dalam Digital ASEAN Project.

Inisatif Digital ASEAN berawal dari pertemuan pimpinan organisasi dan perusahaan yang memiliki perhatian terhadap kemajuan ekonomi digital di kawasan ASEAN dalam perhelatan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss beberapa waktu lalu.

Digital ASEAN bertujuan untuk membangun ekonomi digital dengan mengadopsi pendekatan regional dalam membangun wilayah digital terpadu di seluruh ASEAN serta pembentukan Board of Governors for Digital ASEAN.

Rudiantara bersama dengan tiga menteri ASEAN bidang “ekonomi digital” lainnya dari Vietnam, Thailand, dan Singapura diminta untuk menjadi bagian dari Dewan Penasehat dari Digital ASEAN.

Inisiatif Digital ASEAN ini didorong oleh 50 pimpinan organisasi dan perusahaan antara lain Mc Kinsey, Bain, Google, Air Asia, Temasek, AWS, dan Alibaba, serta kalangan akademisi salah satunya Mari Elka Pangestu dari Indonesia.

Data World Economic Forum menyebutkan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan akan ada penambahan ke produk domestik bruto (PDB) regional sebesar US$ 1 triliun. Hal ini menunjukan perekonomian digital ASEAN diproyeksikan akan tumbuh secara signifikan.

“Salah satu pendiri ASEAN, Adam Malik menyatakan bahwa dengan berdirinya ASEAN negara-negara anggotanya harus bisa saling memberikan dan berbagi manfaat satu sama lain," jelas Rudiantara dalam laman resmi Kominfo.

Pada kesempatan yang sama Managing Director Google Asia Pacific & India, Rajan Anandan mengatakan jika bicara mengenai ASEAN, tidak lagi bicara mengenai bagaimana melahirkan unicorn, tapi harus bicara bagaimana melahirkan Decacorn yaitu perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 10 miliar.(ak) 

Artikel Terkait