Telkom tuntaskan akuisisi sebagian saham Cellum

10:29:45 | 28 Apr 2018
Telkom tuntaskan akuisisi sebagian saham Cellum
CEO Metranet Widi Nugroho (kiri) bersama CEO Cellum Jànos Kóka (kanan) disaksikan oleh SVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady saat penandatanganan perjanjian bersyarat Telkom Indonesia dengan Cellum Global Zrt. di Budapest, Hungaria, Selasa (30/1).(ist)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengungkapkan telah menuntaskan transaksi 30,4% saham milik Cellum Global Zrt. (Cellum).

"Transaksi dengan Cellum sudah "done". Bulan Maret lalu kami tuntaskan. Sekarang kita resmi kuasai 30,4% saham Cellum," ungkap Direktur Keuangan Telkom Harry M.Zen usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), kemarin.

Sebelumnya, VP Investor Relations Telkom Andi Setiawan dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (31/1) menyatakan untuk menguasai 30,4% saham Cellum melalui anak usaha PT Metranet (Metranet), emiten dengan kode saham TLKM itu harus merogoh kocek sedalam US$ 6 juta atau setara Rp80 miliar. (Baca: Akuisisi Cellum)

CEO Metranet Widi Nugroho mengungkapkan, aliansi strategis ini merupakan upaya Metranet untuk ikut serta memperkuat bisnis digital TelkomGroup.

"Kami berharap, kapabilitas di bidang digital financial services, mobile payment, dan commerce services semakin mantap, untuk melayani segmen konsumer maupun business-to-business (B2B). Ini sejalan dengan visi Metranet untuk menjadi the most reliable monetizing partner di industri online," kata Widi.

Saat ini sistem yang dioperasikan oleh Cellum mengelola hampir 20 juta transaksi mobile per tahun. Cellum telah mendapatkan sertifikat PCI DSS 3.2 Level 1 Compliant, menjadikan Cellum sebagai penyedia layanan pembayaran mobile yang pertama di Eropa Tengah atau Eropa Timur yang mengadopsi standar keamanan global. Kebijakan keamanan Cellum telah membantu perusahaan menjaga 0% fraud rate selama lebih dari 17 tahun.

Cellum telah menjalin kemitraan strategis dengan beberapa perusahaan besar dunia, diantaranya IBM, Mastercard, Telenor, T-Mobile, dan Evercoss.

Didirikan sejak tahun 2000, Cellum memulai ekspansi internasional sejak tahun 2011. Cellum mendirikan sejumlah anak perusahaan di pasar Eropa, Amerika Utara dan Asia.(id)

Artikel Terkait