Smart City Nusantara siap bikin Kabupaten 50 Kota makin digital

11:41:06 | 06 Apr 2018
Smart City Nusantara siap bikin Kabupaten 50 Kota makin digital
Jajaran Telkom Witel Sumbar kala beraudiensi dengan Bupati 50 Kota Irfendi Arbi.(ist)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung Kabupaten 50 Kota meningkatkan layanan ke masyarakat dengan memanfaatkan platform Smart City Nusantara (SCN).Smart City Nusantara adalah platform yang dimiliki Telkom agar pemerintah daerah dapat mengembangkan dan mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat.

Telkom Smart City Nusantara  terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Kabupaten Lima Puluh Kota terletak di Nagari Sarilamak atau bersebelahan dengan Nagari Harau yang terkenal dengan keindahan dan ke unikan Lembahnya serta alamnya, adalah sebuah Kabupaten di provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang berada di bagian Timur Wilayah Sumatera Barat atau 124 km dari Kota Padang.

“Kami Telkom Witel Sumbar siap mensuport dan mengawal kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Lima Puluh Kota khususnya pada aplikasi SCN yang akan di butuhkan, Dari 19 Kabupaten Kota di Sumbar, Kabupaten Lima Puluh Kota ini adalah Kabupaten ke-18 yang akan menggunakan platform SCN,”ungkap Manager BGES Telkom Witel Sumbar Suwito kala beraudiensi dengan Bupati 50 Kota Irfendi Arbi seperti dikutip dalam keterangan, kemarin.

Ditegaskannya, Telkom  sangat serius untuk mewujudkan Lima Puluh Kota sebagai salah satu Kabupaten yang menggunakan Smart City Nusantara, karena ini adalah platform untuk mencerdaskan dan mensejahterakan anak bangsa khususnya,  masyarakat  di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Di era digitalisasi sudah tidak efektif lagi menggunakan cara-cara manual yang terkesan boros dan kurang uptudate, sudah saatnya untuk sebuah Kabupten sesegera mungkin menggunakan aplikasi yang ada di platform SCN, harapan kami semoga rencana penggunaan  SCN di Kabupaten Lima Puluh Kota ini segera terwujud,” pungkasnya.(ad).

Artikel Terkait