USearch akan dipersenjatai dengan Machine Learning

09:17:06 | 02 Apr 2018
USearch akan dipersenjatai dengan Machine Learning
Chief Executive Officer Metranet Widi Nugroho.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Metra-Net (Metranet) akan membekali browser USearch dengan teknologi “Machine Learning” guna memanjakan pelanggannya dalam berselancar di dunia maya.

“Saat ini sedang kita perkaya dulu data dari USearch agar  bisa optimal menjalankan Machine Learning. Teknologi Machine Learning itu kan intinya data yang masuk harus banyak agar bisa diolah untuk menjadi profiling. Ini sedang dikerjakan oleh tim,” ungkap Chief Executive Officer Metranet Widi Nugroho, kepada IndoTelko, belum lama ini.

USearch pertama kali diperkenalkan oleh Telkom Group pada acara DigiSummit di Jakarta pada 22-23 November 2017. Machine learning sendiri  adalah cabang aplikasi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar "sendiri" tanpa harus berulang kali di program oleh manusia. Aplikasi Machine learning membutuhkan Data sebagai bahan belajar sebelum mengeluarkan output.

“Saat ini USearch masih tahap awal pengembangannya. Latar belakang keluarnya produk  ini karena kami prihatin melihat banyakya konten-konten negatif di Internet yang sangat mudah diakses, khususnya oleh anak-anak. Kami menghadirkan USearch sebagai solusi berselancar aman karena mempunyai tingkat keamanan tinggi yang dapat melakukan pemblokiran berdasarkan keywords yang dicari bukan berdasarkan domain,” ujarnya.   

USearch menawarkan tingkat keamanan tinggi dan bersifat pribadi karena dapat menyaring konten-konten negatif di internet dan tentunya aman digunakan oleh anak-anak dan keluarga. USearch dapat menyaring dan mengurangi subjek pencarian negatif seperti pornografi, perjudian, phishing, dan SARA.

Fitur-fitur yang hadir di USearch diantaranya:
1. Fast filtered and personalized browsing - kemampuan melakukan filterisasi dan personalisasi dengan kejadian atau pencarian terbaru.
2. Specific blocking - melakukan pemblokiran lebih spesifik karena didasari oleh kata kunci yang dicari, bukan berdasarkan domain.
3. Report button - melaporkan konten-konten negatif untuk selanjutnya dilakukan pemblokiran

USearch sudah bisa tersedia versi Android di Google Playstore dan Apple di Appstore, serta desktop www.usearch.id. USearch, browser aman untuk generasi positif anak bangsa.

“Produk  ini model bisnisnya mengandalkan dari advertising. Tetapi seperti paparan di atas ada misi moral yang diusung yakni melawan konten negative yang marak di dunia maya,” pungkasnya.(dn)

Artikel Terkait