Grab dan Lippo Group siapkan platform pembayaran non tunai

11:34:53 | 22 Jul 2016
Grab dan Lippo Group siapkan platform pembayaran non tunai
Anthony Tan dan John Riady (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Grab, platform layanan pemesanan kendaraan terkemuka Asia Tenggara, bersama dengan Lippo Group, mengumumkan kemitraan untuk mengimplementasikan platform pembayaran e-money di Indonesia.

Lebih dari 50 juta pelanggan bersama dari kedua perusahaan ini akan dapat melakukan pembayaran dari perangkat mobile mereka atau menggunakan aplikasi Grab untuk seluruh jajaran layanan lintas perusahaan ritel Lippo, termasuk department store, Hypermart, bioskop, kedai kopi, dan layanan eCommerce.

Ini merupakan perluasan kemitraan strategis antara kedua perusahaan teknologi dan internet terdepan di Asia Tenggara ini yang ditandatangani pada bulan Maret tahun ini. (baca juga: Kolaborasi Grab dan Lippo)

Lippo Group akan mengembangkan platform pembayaran universal yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan isi ulang akun e-money mereka dan menggunakannya untuk membayar layanan dan produk dari Lippo secara digital.

Grab akan mengintegrasikan platform pembayaran aplikasi Grab sebagai opsi mobile wallet di dalam fitur GrabPay, sehingga pengguna mobile dapat menggunakan aplikasi Grab tidak hanya untuk membayar kebutuhan transportasi harian mereka, namun juga layanan dan produk gaya hidup lainnya.

“Kami sangat menghargai upaya pemerintah untuk mendorong Indonesia menuju masyarakat non-tunai, dan kami menantikan untuk dapat berkontribusi guna mencapai tujuan ini. Kemitraan Grab dengan Lippo Group untuk mengembangkan platform pembayaran universal akan menjadi langkah maju untuk e-money di Indonesia,” ujar Co-Founder dan Group CEO dari Grab Anthony Tan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/7).

Menurutnya,  mengembangkan platform pembayaran mobile di Asia Tenggara memiliki potensi yang tidak terbatas. Banyak masyarakat Asia Tenggara yang belum menggunakan layanan perbankan, namun memiliki perangkat mobile.

“Kita perlu mencari solusi non-tunai yang dapat membantu mereka mengelola uang, dan mobile wallet merupakan salah satu jawabannya. Kemitraan dengan Lippo Group ini merupakan satu langkah maju guna mencapai tujuan,” katanya.

“Lippo Group berkomitmen untuk mentransformasi kehidupan masyarakat Indonesia, dan kami ingin bekerja sama dengan mitra seperti Grab yang memiliki visi yang sejalan. Platform pembayaran universal ini akan memungkinkan pelanggan kami untuk membayar secara non-tunai di perusahaan ritel online dan offline kami,” kata Direktur dari Lippo Group Adrian Suherman.

Managing Director untuk Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menambahkan Indonesia merupakan pasar terbesar Grab. “Kami berinvestasi untuk mengembangkan layanan-layanan baru yang sesuai untuk masyarakat Indonesia. Kami ingin membantu sekitar 95% masyarakat Indonesia yang tidak menggunakan kartu kredit, untuk dapat menikmati pengalaman yang mulus dari pembayaran non-tunai,” katanya.

Platform pembayaran universal ini akan diluncurkan untuk perusahaan-perusahaan dari Lippo Group dan diintegrasikan ke dalam aplikasi Grab secara bertahap mulai dari kuartal keempat tahun 2016.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait