Telkom kenalkan RKB ke peserta SMN

08:58:52 | 22 Jul 2017
Telkom kenalkan RKB ke peserta SMN
Muskab Muzakkar memberikan presentasi tentang Rumah Kreatif BUMN bagi peserta Siswa Mengenal Nusantara (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendorong peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN)untuk mengenal produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan mengenalkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Tigaraksa Witel Banten.

"Kami baru saja mengenalkan RKB Tigaraksa ke 20 peserta SMN dari Lampung. Ini bagian dari upaya mengenalkan produk UKM dan teknologi ke mereka," ungkap GM Witel Telkom Banten Muskab Muzakkar dalam pesannya, Sabtu (22/7).

Dikatakannya, Telkom sangat mendukung Program SMN sebagai bagian dari peran aktif untuk mendukung kemajuan bangsa. “Telkom, sebagai bagian dari Bangsa Indonesia tentunya senantiasa berupaya untuk mendukung kemajuan bangsa yang dimulai dengan meningkatkan kualitas generasi muda berprestasi,” ujarnya.

Rumah Kreatif BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Rumah Kreatif BUMN akan diperankan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UKM.

Tujuan utama dari Rumah Kreatif BUMN adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat terwujud UKM Indonesia yang berkualitas.

Dijelaskannya, sebanyak 20 peserta dari Lampung mengenal budaya dan potensi ekonomi masyarakat Provinsi Banten dalam program yang sama. Dalam rangkaian kegiatan di Banten, para peserta berkesempatan mengunjungi beberapa pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Telkom, Kampung Badui dan PT Krakatau Steel.

Telkom kenalkan RKB ke peserta SMN

Program SMN telah dilaksanakan sejak 2015, dengan diikuti oleh 632 siswa pada Tahun 2015 dan 679 siswa pada Tahun 2016. Program ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan dilakukan secara reguler pada tahun-tahun mendatang, sehingga menjadi sebuah program yang berkelanjutan.

Pada kegiatan pertukaran pelajar ini, peserta dan guru pendamping akan mengikuti serangkaian kunjungan dan aktivitas, yang meliputi dimensi pendidikan/dunia akademis, dimensi sosial budaya, yang meliputi kesenian, peninggalan budaya dan keragaman alam serta dimensi entrepreneur, yang meliputi mempelajari potensi ekonomi wilayah setempat.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Tujuan SMN menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.