Telkom pacu kehadiran seribu kampung UKM Digital

10:25:50 | 18 Dec 2016
Telkom pacu kehadiran seribu kampung UKM Digital
Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Jakarta Teuku Muda Nanta bersama jajaran Telkom dan Pemkot Jakarta Barat meresmikan kehadiran empat Kampung UKM Digital belum lama ini.(Foto:TLKM)

JAKARTA (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah memacu kehadiran seribu Kampung UKM Digital untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha di era digital.

“Kampung UKM Digital sudah mendekati seribu. Sekarang malah berkembang dan disinergikan dengan Rumah Kreatif BUMN (RKB),” ungkap Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Jakarta Teuku Muda Nanta kepada IndoTelko, Minggu (18/12).  

Diungkapkannya, belum lama ini Telkom di wilayah layanan Jabotabek baru saja  meresmikan empat Kampung Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital di Jakarta Barat yang berlokasi di Lokasi Binaan (Lokbin) Kamal (Kalideres), Lokbin Meruya Utara (Kembangan), KOPTI Semanan (kalideres) dan Lokbin Rotan (Grogol Petamburan).

Empat Kampung UKM Digital ini melengkapi dua yang sudah ada sebelumnya di Jakarta Barat yakni Lokbin Bunga di Rawa Belong dan Ikan Hias di Cengkareng. Total ada sekitar 1.749 pelaku UKM bergabung di enam kampung UKM Digital Jakarta Barat.

Dikatakannya, Telkom Sebagai BUMN mendorong  program UKM Goes Digital untuk kepentingan nasional, karena keterlibatan UKM secara digital bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 2%.

“Telkom sebagai salah satu BUMN indonesia juga memiliki peran sebagai agent of development bagi Indonesia. Artinya Telkom punya kewajiban untuk ikut serta dalam setiap upaya memajukan indonesia Khususnya UMKM,” tegasnya.   

Ditambahkannya, saat ini jumlah Kampung UKM Digital secara nasional mendekati angka seribu. “Ada ratusan lokasi tengah dalam  proses untuk menjadi kampung UKM Digital Telkom,” ulasnya.    

Secara terpisah, SM Marketing Telkom Divisi Business Service (DBS) Sabri Rasyid menjelaskan di setiap  Kampung UKM Digital didukung fasilitas telekomunikasi milik Telkom mulai dari  akses Internet broadband melalui WiFi dan kabel, Broadband Learning Center (BLC) sebagai wadah pembelajaran Bagi UKM,Penyediaan aplikasi dan konten pendukung produktivitas UKM, marketplace dan toko online. (Baca: Program Kampung UKM Digital

“Kami ada Blanja.com untuk marketplace dan Jarvis store untuk pembuatan toko online. Sekarang konsep Kampung UKM Digital malah berkembang dengan adanya Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bisa disinergikan,” kata Pria yang akrab disapa Acid itu.  

Ditambahkan Acid, Telkom tetap agresif membangun kehadiran Kampung UKM Digital tak hanya di Jakarta, tetapi juga di Sumatera dan Jawa. Belum lama ini di Bangka Belitung diresmikan  Kampung UKM Digital di Desa Pangkalan Baru yang berdekatan dengan Bandara Depati Amir dan Kompleks Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan pusat perekonomian di Kota Pangkalpinang. (Baca: Telkom dan RKB)

Ada juga Kampung UKM Digital  Bantul yaitu di wilayah Kecamatan Sanden yang terdapat sentra enceng gondok dan batok kelapa, kemudian Kecamatan Pajangan yang ada sentra kerajinan batik kayu Krebet. “Pembangunan Kampung UKM Digital salah satu sumbangan Telkom agar pelaku UKM menjadi lebih besar, baik, dan luas pasarnya. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” tutupnya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.