Jurus BUMN bangkitkan UMKM dengan eCommerce

15:24:27 | 11 Dec 2016
Jurus BUMN bangkitkan UMKM dengan eCommerce
Rini Soemarno(dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Program Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Hadir Untuk Negeri kembali digelar pada 10 Desember 2016 di Cilacap dan 11 Desember 2016 di Solo Jawa Tengah, yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, jajaran Kementrian BUMN, beberapa Dirut, serta Direksi BUMN.

Pada 10 Desember 2016 di Cilacap telah dilakukan peresmian Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank BNI, dan pada 11 Desember 2017 di Solo peresmian RKB Bank BRI.

"Pada dasarnya RKB dibangun oleh BUMN-BUMN di seluruh Indonesia, tahun 2016 disiapkan sebanyak 100 RKB dan hingga akhir 2017 akan disiapkan total sebanyak 514 RKB di seluruh Indonesia, yang tujuannya adalah membangkitkan UMKM Indonesia sesuai arahan Presiden RI, dengan mensinergikan antar BUMN di RKB," kata Rini dalam keterangannya, Minggu (11/12).

Ditambahkannya, di RKB akan terjadi sinergi program pelatihan pembinaan pembiayaan UMKM dari BUMN-BUMN, dengan RKB maka UMKM juga disiapkan tidak hanya dapat jualan di Indonesia akan tetapi juga menjual ke mancanegara dengan eCommerce melalui Blanja.com yang dimiliki oleh Telkom.

"Materi Kurikulum pembinaan UMKM di RKB juga disiapkan oleh BUMN, materi kurikulum tersebut akan di tempatkan pada Pustaka Digital (PaDi) di masing-masing RKB, sehingga disamping pembinaan UMKM yang dilakukan secara langsung di RKB, juga para UMKM Indonesia dapat dengan mudah mempelajari materi kurikulum pada PaDi di masing-masing RKB," katanya.

Jurus BUMN bangkitkan UMKM dengan eCommerce

Rini Soemarno tengah melihat layanan di RKB Solo

Menurut Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno melalui RKB, peluang besar buat kemajuan UMKM Indonesia terbuka lebar. "Program pembinaan melalui Pustaka Digital (PaDi) di RKB, dan penjualan eCommerce menggunakan Blanja.com semua secara ecosistem disiapkan oleh BUMN Hadir Untuk Negeri" ujar Fajar.

Sementara SVP Synergy and Portfolio Telkom Indonesia Achmad Sugiarto mengaku siap bersinergi mendukung program BUMN Hadir Untuk Negeri baik RKB, Blanja.com dan PaDi, bersama-sama seluruh BUMN Hadir Untuk Negeri. "Ini Bakti Telkom Bagi Negeri," tutupnya.

Rumah Kreatif BUMN merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN sebagai wadah bimbingan dan pelatihan para entrepreneur dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini membantu para pelaku bisnis, seperti cara meningkatkan kualitas standarisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs eCommerce blanja.com sebagai etalase online produk-produk UMKM. (Baca: Program RKB)

Melalui Rumah Kreatif BUMN, para pelaku usaha dapat memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk UMKM mereka ke pasar global secara borderless, sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia melalui sektor UMKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.