Telkom bawa petani kopi Kintamani goes digital

09:59:26 | 24 Nov 2016
Telkom bawa petani kopi Kintamani goes digital
Suasana pelatihan bagi petani kopi Kintamani (Foto: TLKM)

KINTAMANI (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi &Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia melalui Koperasi Nasional “Aku Mandiri” mengadakan pemberdayaan petani kopi Kintamani melalui pelatihan pasca panen dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Artha Graha yang berlansung di Kintamani dari tanggal 15,16,17, dan 18 November lalu.

“Indonesia adalah salah satu dari 4 besar produsen kopi  terbesar dan terbaik di dunia. Akan tetapi, berbeda dengan negara penghasil kopi lainnya, Kesejahteraan petani kopi Indonesia belum “sebaik” kopi yang mereka hasilkan. Banyak di antara mereka yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hal ini disebabkan antara lain kurangnya pengetahuan mengenai pasca panen sehingga kopi yang dijual masih dalam kondisi nilai jual yang rendah dan juga panjangnya rantai distribusi sehingga petani mendapatkan sisa margin yang kecil,” kata GM Micro Business Divisi Business Service Telkom Adrian Sani Harahap kepada IndoTelko, Kamis (24/11).

Dijelaskannya, Telkom menyampaikan dukungannya bagi Koperasi Nasional Aku Mandiri dan seluruh anggotanya melalui peluncuran Aplikasi Co-op App yang akan digunakan oleh Koperasi untuk pemutakhiran data UMKM dan mempercepat proses penyaluran KUR bagi UMKM.

“Aplikasi ini sekaligus sebagai basis platform dalam pengelolaan operasional Kopnas Aku Mandiri secara end to end,” jelas Adrian.

Menurutnya, dengan adanya platform dan aplikasi ini makasegala kegiatan baik untuk monitoring penyaluran KUR, monitoring transaksi para anggota koperasi penerima KUR sampai laporan akan dapat terdata dan terlaksana dengan baik.

“Kedepannya Platform ini diharapkan dapat menjadi basis sistem informasi yang dapat digunakan dalam pengelolaan Koperasi Indonesia yang lebih maju dan modern,” katanya.

Adapun Program pemberdayaan petani kopi Kintamani ini merupakan bagian dari Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat (PSAER) yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 11 April 2011 silam di Brebes.

Melalui program ini, Presiden menginstruksikan kepada pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta untuk bersinergi dan bergotong royong satu sama lain untuk dapat membantu peningkatan taraf hidup pelaku usaha UMKM pada umumnya dan petani pada khususnya.

Kepala Koperasi Nasional Reza Fabianus menjelaskan bahwa Koperasi Nasional turut berperan aktif untuk menindaklanjuti program untuk ekonomi rakyat yang menjadi jantung dari prinsip Koperasi yang dihembuskan oleh Bapak Koperasi, Bung Hatta yaitu pemerataan ekonomi sesuai dengan Amanat Konstitusi UUD 1945 Pasal 33.

Di pelatihan ini Petani diberikan pengetahuan mengenai proses pasca panen kopi yang baik sehingga dapat menghasilkan produk kopi yang berstandar Industri dan Ekspor. Petani langsung mendapatkan pengetahuan ini dari tim AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia) dan Mayora Group (Torabika) yang sudah sangat mengerti mengenai standar proses dan produk akhir kopi untuk memenuhi standar ekspor.

Untuk melengkapi program, selanjutnya Telkom yang memiliki peran sebagai Agent of Development akan mengimplementasikan program kampung UKM digital demi mendorong percepatan digitalisasi koperasi dan UMKM sehingga seluruh kegiatan pemberdayaan petani di wilayah Kecamatan Kintamani menjadi lebih efektif dan efisien.

Hal ini dimulai dengan penyediaan infrastruktur ICT berbasis kabel optik dan fasilitas internet di desa Catur, Kec. Kintamani.(as)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.