Telkom pacu digitalisasi PLUT-KUMKM

15:19:45 | 09 Nov 2016
Telkom pacu digitalisasi PLUT-KUMKM
Adrian Sani Harahap(dok)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS) tengah memacu digitalisasi Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) dalam rangka memaksimalkan kegiatan UKM Goes Digital.

PLUT-KUMKM merupakan salah satu program terobosan dari Kementerian Koperasi & UKM RI untuk memperkuat pengembangaan KUMKM di daerah. Telkom akan menggandeng PLUT-KUMKM di Program Kampung UKM Digital yang telah ada di 112 lokasi sejak 2015 lalu.

“Saat ini sudah ada beberapa PLUT-KUMKM yang telah kita sinergikan dengan Kampung UKM Digital. Sejauh ini tak ada halangan, kita akan kebut integrasi ini demi UKM Goes Digital," ungkap GM Micro Business Telkom DBS Adrian Sani Harahap kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, awal kerjasama terjadi saat peluncuran Kampung UKM Digital dan PLUT-KUMKM di Sukabumi beberapa waktu lalu. Lokasi lainnya yang telah diintegrasikan adalah Banjarbaru, Tasikmalaya, Cianjur, Subang, dan Kendari.

Sebagai informasi, PLUT-KUMKM melakukan terobosan dengan memperkuat program pendampingan kepada para pelaku KUMKM untuk mempercepat peningkatan daya saing. Ada 7 (tujuh)  fungsi layanan minimum dalam PLUT-KUMKM : 1. Konsultasi bisnis KUMKM, 2. Pendampingan atau mentor bisnis, 3. Promosi atau pemasaran, 4. Akses ke pembiayaan, 5. Pelatihan Bisnis, 6. Networking dan 7. Layanan pustaka entrepreneur. (Baca: Telkom dan UKM)

Saat ini, Kementerian KUMKM sudah memiliki 49 lokasi PLUT di seluruh Indonesia. Adapun jumlah Kampung UKM Digital yang telah dibangun Telkom mencapai 509 lokasi, 69 di antaranya berada di Jabar. Ditargetkan, pada akhir tahun ini akan terealisasi 1.000 Kampung UKM Digital di seluruh Indonesia.

"Pelaku UKM memiliki tiga masalah utama, yaitu akses permodalan, akses pasar, dan akses kompetensi. Sinergi ini diproyeksikan untuk menjadi solusinya, dengan target akhir mereka Goes Digital. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri," pungkasnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutyowati, mengatakan, sinergi dengan Telkom dibangun untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing KUMKM. Seluruh PLUT yang sudah terealisasi ditargetkan bersinergi dengan Kampung UKM Digital tahun ini.

"Tahun depan sudah ada 72 PLUT yang siap dibangun dan disinergikan. Kami menargetkan, pada 2019 akan ada 270 PLUT di seluruh Indonesia," tutur Yuana.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.