Telkom segarkan aplikasi Zapa untuk manjakan UKM

18:08:43 | 07 Sep 2016
Telkom segarkan aplikasi Zapa untuk manjakan UKM
Suasana peluncuran aplikasi New Zapa (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melakukan revitalisasi aplikasi Zapa yang dirilisnya pada kuartal keempat 2014 lalu.

"Kami melakukan revitalisasi aplikasi Zapa menjadi lebih terintegrasi dengan sejumlah platform UKM Goes Digital yang dimiliki Telkom. Kita bidik sekitar 10 ribu pengguna untuk pemanasan hasil revitalisasi Zapa ini," ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (7/9).

Dikatakannya, aksi revitalisasi aplikasi Zapa tak bisa dilepaskan dari penggunaan Gadget (Mobile Device) dalam bisnis yang semakin populer. Gadget semakin bertenaga dengan berbagai Mobile Apps yang simple dan mudah digunakan namun  bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di PC ataupun Laptop.

"Bisnis Online yang sebagian besar dilakukan di depan Laptop  kini bisa dilakukan dimana dan kapan saja dengan keberadaan Mobile Apps. Keberadaan Mobile Apps yang semakin handal dan praktis diprediksi akan menguasai bisnis eCommerce di masa depan. Zapa kita tawarkan untuk menjadi layanan Mobile Apps Customer Relationship Management bagi UKM Indonesia," jelasnya.

Menurut Awaluddin, semua Fitur-fitur pada aplikasi New ZAPA hadir dengan konsep yang lebih bertenaga (more powerfull), lebih bernilai (more valuable) dan lebih handal (more reliable) untuk lebih memudahkan para pelaku UKM di Indonesia meningkatkan bisnisnya.

"Tadi saya bilang target 10 ribu pengguna itu pemanasan. Telkom saat ini mempunyai 2,39 juta dari target 3 juta member Directory SmartBisnis,  1000 Kampung UKM Digital yang mempunyai 12 ribu member dan 10 ribu member Smart Funding. Itu potensi besar untuk menjadi pengguna Zapa,” pungkasnya.

Executive Vice President Divisi Business Service (DBS) Telkom Tri Gunadi yang turut mendampingi dalam acara peluncuran ini menguraikan berbagai Fitur unggulan New ZAPA yaitu Fitur Starbox : Pada fitur ini user dapat membeli STARBOX. STARBOX merupakan solusi lengkap bagi pelaku UKM yang terpercaya, handal dan terjangkau terdiri dari bundling produk wifi id, Jarvis, akunting mudah dan bos toko yang dikemas menjadi layanan 3C (Connectivity, Content & Commerce).

Fitur yang menarik bagi UKM adalah Pendanaan UKM yaitu SMART FUNDING, dimana user dapat mengajukan permohonan dana kemitraan dengan proses yang sangat mudah. Tidak ketinggalan pula ditambahkan Fitur Kampung UKM Digital dimana user dapat melihat info UKM yang telah bergabung dalam Kampung UKM Digital. Fitur Sobat UKM juga turut mewarnai, dengan fitur ini pelaku UKM dapat berkonsultasi kepada expert mengenai bisnis mereka melalui telepon, email, maupun live chat.

Direktur Marketing & Sales PT. Infomedia Nusantara selaku pengembang New ZAPA Andang Ashari menambahkan berbagai Fitur ZAPA yang sebelumnya telah ada masih tetap disertakan dengan penyempurnaan yaitu Fitur UKM Near Me yang dengan fitur ini user dapat melihat UKM yang berada didaerah sekitarnya dan Fitur Direktori UKM serta Fitur Berita UKM. "Aplikasi New ZAPA ini sudah tersedia di playstore, sehingga para pelaku UKM Indonesia langsung dapat mengunduh dan merasakan benefit dari aplikasi ini," katanya. (Baca: Zapa dari Telkom)

EVP Telkom Regional II Teuku Muda Nanta mengharapkan, kehadiran Zapa versi baru akan menjadi senjata bagi Telkom untuk makin dalam melakukan penetrasi di pasar UKM. "Sekitar 50% perekonomian ada di Jabodetabek, dan jutaan pelaku UKM ada di sini. New Zapa akan menjadi senjata bagi Telkom di wilayah Jabotabes untuk menggarap pasar UKM," katanya. (id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.