Telkom janjikan seribu kampung ukm digital hingga 2017

18:07:35 | 19 Aug 2016
Telkom janjikan seribu kampung ukm digital hingga 2017
Perayaan kampung ukm digital ke-300 di Ciboleger, Lebak, Jumat (19/8). (dok:TLKM)

 LEBAK (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjanjikan menghadirkan seribu kampung UKM digital hingga akhir 2017.

“Kita di Telkom tak cepat berpuas diri. Pada 17 Agustus lalu kita sudah capai 301 lokasi kampung ukm digital. Bagi saya itu adalah milestone pertama sejak kita canangkan program ini pada Juli 2015 lalu. Sekarang kita geber ke milestons kedua yakni seribu lokasi kampung UKM Digital hingga tutup 2017,” teriak Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin membakar semangat pasukannya kala meresmikan Kampung UKM Digital ke-300 di Kampung Ciboleger,  Baduy, Lebak, Jumat (19/8).

Menurutnya, kehadiran kampung UKM Digital direspons positif masyarakat   di berbagai daerah dimana terlihat dengan sangat antusiasnya pelaku usaha   mengembangkan bisnis melalui cara yang lebih digital.

“Kita akan memperkaya konten dan aktifitas, meningkatkan intensitas pelatihan volunteer dan pendampingan bisnis baik offline maupun online, serta memperkuat jejaring ekosistem ukm dalam rangka menuju seribu kampung UKM digital ini,” katanya.

EGM Divisi Business Service Telkom Tri Gunadi mengatakan di setiap kampung ukm digital disediakan internet broadband melalui akses Fiber Optic dan wifi.id serta beberapa lokasi khusus menggunakan teknologi MangoSTAR, sebagai infrastruktur utama.

Tersedia juga  Broadband Learning Center (BLC) sebagai wadah pembelajaran Bagi UKM yang sudah terinstall didalamnya Pustaka Digital milik Telkom (PaDi). Penyediaan aplikasi dan konten pendukung produktivitas UKM. Sarana marketplace dan toko online bagi UKM. Prioritas bagi UKM dalam menerima bantuan CSR Telkom. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi terkait pemanfaatan teknologi informasi. Pendampingan baik secara offline, bertemu langsung maupun secara online melalui layanan SOBAT UKM 1500-249. (Baca: Kampung ukm digital)

“Program Kampung UKM Digital ini juga turut didukung oleh Kementerian Koperasi & UKM RI dengan bentuk sinergi pengelolaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT),” katanya. (Baca: Telkom dan PLUT UKM)

GM Witel Telkom Banten Muskab Muzzakar menambahkan di wilayah Banten telah dibuka 10 lokasi kampung UKM Digital yakni di Kampung UKM Digital Piwku Kota Cilegon, Kronjo, Srikandi, Al-Ikhlas, Komunitas Lentera Sukamulya,   Kresek,   Tenun Baduy,  Kerajinan Batok Kelapa Ciboleger, Emping Ketileng, dan Cikadu Tanjung Lesung. (Baca: Seribu kampung ukm digital)

“Wilayah Banten banyak menyimpan potensi UKM goes digital. Telkom siap membawa pelaku usaha go global agar menjadi mandiri dan berdaya saing,” katanya.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.