Telkom siapkan 300 kampung ukm digital sebagai kado HUT RI ke-71

12:06:30 | 07 Aug 2016
Telkom siapkan 300 kampung ukm digital sebagai kado HUT RI ke-71
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah menyiapkan sejumlah kado bagi HUT Republik Indonesia ke-71, salah satunya adalah akselerasi pembangunan Kampung UKM Digital pada 17 Agustus 2016.

“Tadinya kita punya target 300 kampung UKm Digital pada akhir 2016. Kuartal II 2016, ternyata animo masyarakat di daerah tinggi sehingga berubah dengan pencanangan seribu kampung UKM digital hingga tahun depan. Nah, dalam rangka HUT RI ke-71, 300 kampung UKM digital akan dihadirkan, sekarang countdown menuju angka 300 tengah dijalankan,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam sharing session on the weekend bersama IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini sudah ada sekitar 174 Kampung UKM Digital dan akan digeber dalam hitungan minggu menuju angka 300 kampung UKM Digital. “Ini saya per jam dilaporkan status yang sedang on going process atau sudah diresmikan. Minggu depan ada sekitar 40 yang live,  tak semua peresmian kita umumkan di media massa, nanti Anda lihat saja 17 Agustus mendatang, sudah 300 kampung UKM Digital live. Tak ada operator yang spartan seperti Telkom ini membawa UKM Goes Digital,” tegasnya.   

Ditambahkannya, hal yang membanggakan adalah sekitar 74% atau 124 Kampung UKM Digital yang telah beroperasi didukung dengan true broadband. “Itu semua sudah kita sediakan fiber optik untuk akses. Kenceng banget tuh koneksinya untuk dukung pelaku UKM  jualan di dunia maya,” katanya.

Diharapkannya, pelaku UKM tak lagi alergi dengan teknologi digital dalam berusaha karena telah terbukti mengubah banyak hal, termasuk dunia pemasaran dan bisnis. “Di era digital saat ini banyak bisnis yang menghilangkan intermediasi pada jalur distribusinya dari produsen langsung ke pelanggan. Hal yang harus di perhatikan adalah bisnis online mendukung aktivitas offlinenya begitupun sebaliknya yang biasa kita sebut "O to O" atau online to offline," tambahnya.

Sekadar diketahui, kampung UKM Digital  dilansir Telkom  sejak Juni 2015 untuk melengkapi gerakan pengembangan UKM yang telah dicanangkan seperti roadshow BAGUS Indonesia, Sentra UKM, Kampung Nelayan Digital. (Baca; Seribu kampung UKM)

Program Kampung UKM Digital tersebut merupakan pionir dalam program pengembangan UKM berbasis teritory dan komunitas yang dikomandoi Divisi Business Service dari Telkom (DBS). (Baca: Target kampung UKM Telkom)

DBS memiliki target pendapatan sekitar Rp 342 miliar hanya di kuartal ketiga 2016 yang salah satunya dari berjualan konektifitas seperti Star Connect yang telah berjumlah 60 ribu pelanggan.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.