Telkom sudah realisasikan 66% target 3 juta UKM Goes Digital

11:39:37 | 08 Jul 2016
Telkom sudah realisasikan 66% target 3 juta UKM Goes Digital
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service telah merealisasikan sekitar 66% target membawa tiga juta UKM Goes Digital pada 2016.

“Tutup semester pertama 2016 sudah ada sekitar 1.976.602 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Goes Digital memanfaatkan platform smartbisnis yang dikelola Divisi Business Service. Ini sinyal target tiga juta UKM bukan hal yang mustahil dicapai. Kami yang pertama di Indonesia menembus angka sejuta UKM Goes Digital tahun lalu di Indonesia, dan sepertinya di 2016, sejarah baru akan ditorehkan Telkom juga untuk urusan membawa UKM Goes Digital,”ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kala Halal bi halal dengan IndoTelko di kediamannya, kemarin.

Diungkapkannya, portal smartbisnis banyak menjadi acuan bagi pelaku UKM karena terdapat Solusi Bisnis untuk membantu mengatasi keterbatasan dalam hal connectivity : internet, data center, aplikasi dan paket menarik lainnya. (Baca juga: Target Telkom di UKM

Dalam portal ini juga disediakan menu belajar bisnis dalam bentuk pembelajaran bisnis, tip bisnis, webinar dan e-book bagi UKM pemula. Telkom juga berusaha memberi informasi peluang bisnis dengan adanya informasi tender yang berhubungan dengan UKM.

Bahkan bagi pelaku UKM yang ingin mendapatkan informasi terkait bantuan pendanaan, pelatihan, sarana dan fasilitasnya, portal yang baru ini juga menyediakannya.

“Produk Starbox paling banyak diincar pelaku UKM sebagai langkah awal untuk Goes Digital. Selain itu Smartfunding juga efektif menggiring banyak UKM bergabung dalam smartbisnis.co.id. Sekarang member smartbisnis ada 8.703 sedangkan member starbox digi bulk sekitar 1.483,” jelasnya. (Baca juga: Starbox dari Telkom)

Sekadar informasi, StarBox datang dengan konsep 3M yakni Mudah, Murah, dan Manfaat. Dibanderol Rp 28 ribu, UKM tak hanya mendapatkan konektifitas, tetapi juga keanggotaan di BosToko dan  smartbisnis, blanja.com, akuntingmudah.com, dan diskon khusus membership jarvis-store, plus aplikasi-aplikasi startup binaan Telkom lainnya. (Baca juga: Smartbisnis dari Telkom)

Sedangkan aplikasi smart funding disediakan untuk mempermudah pelaku UKM mendapatkan akses pendanaan dari Program Kemitraan yang dikelola operator pelat merah itu, tanpa bunga tapi biaya admin 6% per tahun. (Baca juga: Smartfunding dari Telkom)   

“Hal yang paling membanggakan lainnya kami selama Ramadan mendirikan 28 Kampung UKM Digital melalui program Telkom Comes 2U. Ini bukti di bulan Ramadan kita kerja, kerja, kerja dan berbakti kepada negeri,” pungkasnya.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.