Telkom canangkan gerakan seribu Kampung UKM Digital

13:17:03 | 30 Jun 2016
Telkom canangkan gerakan seribu Kampung UKM Digital
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS) mencanangkan gerakan seribu Kampung UKM Digital di Indonesia pada 2017

“Kalau tahun ini kami bisa hadirkan 300 Kampung UKM Digital, selanjutnya kita ke angka seribu Kampung UKM Digital. Kita canangkan sekarang biar semangat pasukan mengejar target,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kala memaparkan hasil Program Telkom Comes 2U di Surabaya kepada IndoTelko, Kamis (30/6).

Program Telkom Comes 2U adalah upaya dari operator tersebut memanfaatkan momentum Ramadan untuk turun ke lapangan melihat potensi bisnis dan mendengar keluhan langsung dari pelanggan terhadap layanan yang ada selama ini. Di Surabaya, Telkom meresmikan Broadband Community Kampung UKM Digital Karang Pilang  

Diungkapkannya, implementasi Kampung UKM Digital dalam tempo setahun, telah berhasil dibuka di 149 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan 116 lokasi sedang proses penyiapan peluncuran.

“Melihat perkembangan Program Kampung UKM Digital sampai hari ini, semakin menumbuhkan optimisme kami dalam berjuang untuk mewujudkan 3 Juta UKM Goes Digital. UKM yang semakin maju. Mandiri dan modern dengan sentuhan pemanfaatan Teknologi Digital,” ujarnya.

Dijelaskannya, kehadiran Telkom di Karang Pilang Surabaya untuk penyediaan akses Broadband bagi para pengrajin Enceng Gondok. Akses tersebut dimaksudkan untuk memperkuat ekosistem bisnis dari Paguyuban Karang Pilang Bersatu dari sisi suplier (pengelola bahan baku enceng gondok), produsen (pengrajin), distributor (mall, toko) dan konsumen.

“Ini merupakan lokasi Kampung UKM Digital kedua yang memanfaatkan akses Broadband 100 MBps. Pertama di Kampung UKM Digital Takalar dan yang kedua di Karang Pilang ini.

Namun yang unik, lokasi Karang Pilang ini permintaan dan pembiayaan akses Broadband langsung oleh warga sendiri,” tambah Executive Vice President DBS Tri Gunadi yang turut didampingi EVP Telkom Regional Jawa Timur-Bali-Nusra Suparwiyanto.

Paguyuban Warga Karang Pilang yang dipimpin oleh Supardi mengakui dengan kehadiran akses Broadband ini akan semakin memajukan pemasaran hasil kerajinan Karang Pilang termasuk dengan pasar global.

“Dalam suasana Ramadan, kita bersyukur bahwa rupanya program Kampung UKM Digital ini semakin mendapat respon luar biasa. Perjuangan untuk mengajak UKM Goes Digital tidak akan pernah berhenti. Ini bakti Telkom bagi negeri,” pungkas Awaluddin.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.