Telkom akan bangun Kampung UKM Digital di Kepulauan Seribu

13:20:26 | 09 Jun 2016
Telkom akan bangun Kampung UKM Digital di Kepulauan Seribu
Muhammad Awaluddin (kanan) dan Budi Utomo (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service akan membangun Kampung UKM Digital di Kepulauan Seribu guna meningkatkan daya saing pelaku usaha di era Masyarakat Ekonomi Asean.

“Kita sudah terlalu lama memunggungi laut. Kepulauan Seribu ini banyak menyimpan potensi terutama Wisata Bahari. Saatnya Telkom menghadirkan Kampung UKM Digital di Kepulauan Seribu. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kala memaparkan hasil kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu kepada IndoTelko, Kamis (9/6).

Menurutnya, dunia pariwisata sangat erat dengan dunia Digital, perpaduan keduanya akan menciptakan pendapatan daerah yang luar biasa. “Kami punya ambisi membangun Digital Tourism Kingdom. Nanti, Kampung UKM Digital di Kepulauan Seribu akan masuk ke ekosistem itu,” katanya. (Baca juga: Telkom di pariwisata)

Ditambahkannya, Kepulauan Seribu juga menyimpan potensi hasil budidaya laut dan berbagai makanan khas yang diolah oleh UKM dimana membutuhkan pemasaran ke mancanegara. “Gulai Ikan atau Ikan Bakar disana enak-enak. Saya kan penggemar makanan ikan, jadi tahu mana yang enak,” celotehnya. (Baca juga: Kampung UKM Telkom)

Diharapkannya dengan adanya Kampung UKM Digital dan penerapan Smart Island di Kepulauan Seribu menjadi momentum yang sangat tepat untuk lebih mempercepat layanan kepada masyarakat dan juga mengembangkan berbagai potensi daerah termasuk di antaranya pengembangan UKM agar lebih maju dan modern. “Segera tim akan memverifikasi lokasi yang layak untuk Kampung UKM Digital pertama di Kepulauan Seribu,” katanya.

Pada kesempatan sama, Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo mengatakan terdapat 110 pulau di Kepulauan Seribu, tetapi baru 11 pulau saja yang berpenghuni. (Baca juga: Telkom revitalisasi jaringan di Kepulauan Seribu)

“Potensi wisata sangat besar, hanya saja selama ini masih belum tergarap dengan baik karena masih belum tersentuh dengan teknologi informasi. Sebagai contoh, banyak wisatawan yang terpaksa balik lagi ke Jakarta hanya karena tidak mendapat hotel untuk bermalam karena kurangnya informasi mengenai hotel via internet. Hal ini menujukkan potensi wisata yang sangat besar tapi belum diimbangi dengan adanya teknologi,” katanya.

Diharapkannya, aksi Telkom yang melakukan revitalisasi infratruktur di Kepulauan Seribu  dapat memajukan kesejahteraan masyarakat  dan mengejar ketertinggalan dibanding daerah lain yang sudah terlebih dahulu memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan daerahnya.

Sedangkan dua pelaku UKM dari Kepulauan Seribu, Saifudin dan Yosina yang kebetulan sempat beraudiensi dengan Awaluddin mengatakan selama ini pemasaran masih mengandalkan kunjungan wisatawan yang datang.  “Kami siap kapan saja untuk belajar pemasaran online bersama Telkom,” kata keduanya.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.