Telkom ingin Kampung UKM Digital rasakan True Broadband

17:57:33 | 20 May 2016
Telkom ingin Kampung UKM Digital rasakan True Broadband
Muhammad Awaluddin (kiri) dan Burhanudin kala meresmikan Kampung UKM Digital Takalar (dok)

TAKALAR (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menginginkan 120 Kampung UKM Digital yang dibinanya merasakan true broadband alias mencicipi kecepatan akses internet up to 100 Mbps.

“Secara infrastruktur Telkom siap menyediakan True Broadband bagi Kampung UKM Digital yang kita dukung. Isunya itu, komunitasnya dibesarkan dulu, setelah itu bandwidth ditambah atau sebaliknya. Ini seperti ayam dan telur,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kala meresmikan Kampung UKM Digital yang didukung Telkom dengan akses internet up to 100 Mbps di Takalar, Jumat (20/5).

Diungkapkannya, selama ini 120 Kampung UKM Digital dibekali akses internet dengan kecepatan 10 Mbps, sedangkan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, disediakan akses internet kecepatan 100 Mbps dengan kebutuhan total bandwidth sebesar 180 Mbps.

“Bedanya Bupati Takalar Dr. Burhanudin SE, MSi  orangnya berani. Beliau memilih sediakan bandwidth dulu, baru perbesar komunitas. Ini artinya di Takalar tinggal perbanyak edukasi agar UKM sadar Goes Digital untuk menjadi pelaku usaha yang maju, mandiri, dan modern,” katanya.

“Saya pilih Kampung UKM Broadband karena Pemerintah Daerah ingin membangkitkan UKM di sini. Berbekal teknologi informasi, UKM harus kreatif dan berinovasi,” kata Bupati Takalar Dr. Burhanudin SE, MSi.

Dijelaskannya, UKM Kuciniki Mata Tawwa mempunyai UKM sekitar 345 UKM yang terdiri dari bebrapa jenis usaha, seperti gerabah, furniture,konveksi dan beberapa jenis usaha lainnya.

Produk yang menonjol di UKM ini adalah industri gerabah yag telah menjangkau pasar nasional maupun internasional khususnya untuk kawasan asia tenggara.

UKM ini dibina oleh UPTD Promosi dan Klinik Bisnis Dinas Koperasi. UMKM Perindag & ESDM Kabupaten Takalar yang juga bekerja sama dengan himpunan pengrajin setempat yaitu Himpunan Pengrajin Gerabah Sittalasi (HIPERGASI).

Telkom akan memperbesar komunitas UKM di daerah Takalar dengan  melakukan program pendampingan dalam bentuk pelatihan dan penyiapan aplikasi Smart Bisnis sebagai wadah kolaborasi dan promosi antar UKM.

Sedangkan untuk meningkatkan transaksi penjualan produk-produk UKM,  a disediakan fasilitas transaksi online dengan aplikasi Jarvis Store yang dibantu promosi di media social.

Sekadar diketahui, Program kampung UKM Digital  dilansir Telkom  sejak Juni 2015 untuk melengkapi gerakan pengembangan UKM yang telah dicanangkan seperti roadshow BAGUS Indonesia, Sentra UKM, dan Kampung Nelayan Digital. (Baca juga: Kampung UKM Digital Takalar

Salah satu kriteria penting dalam pemilihan dan pembentukan Kampung UKM Digital adalah adanya relawan yang akan menjadi partner Telkom  dalam menggerakkan aktifitas Kampung UKM Digital di kesehariannya. Melalui relawan  inilah Telkom  mengatur agenda sosialisasi baik fisik maupun digital (video Conference), serta memonitor pemanfaatan ICT bagi pelaku UKM yang ada.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.