COO Telkom Sumbang Buku Digital EntrepreneurShift ke Unikom di Harbuknas

08:38:49 | 19 May 2016
COO Telkom Sumbang Buku Digital EntrepreneurShift ke Unikom di Harbuknas
Muhammad Awaluddin (kanan) menyerahkan buku Digital EntrepreneurShift hasil karyanya ke Eddy Soeryanto Soegoto (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – COO Telkom Muhammad Awaluddin menyumbangkan Buku Digital EntrepreneurShift hasil karyanya ke Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas) pada 17 Mei 2016.

“Buku adalah hasil karya dan rekam jejak seseorang dalam perjalanan hidupnya. Saya memang suka menulis selama ini, tetapi untuk menjadi buku baru ada tiga, salah satunya Buku Digital EntrepreneurShift ini,” ungkap Awal kala menyerahkan bukunya secara simbolis ke Rektor Unikom Bandung Eddy Soeryanto Soegoto, kemarin.

Menurutnya, akhir dari pencarian sebuah ilmu adalah membagikannya dengan orang lain. “Buku ini trilogi dari shiftology series yang saya susun untuk mendukung UKM Goes Digital. Buku kedua Digital ChampionShift tengah proses cetak, kalau tak ada masalah Juni mendatang sudah ada di toko-toko buku. Ini bakti saya bagi negeri,” katanya.

Diharapkannya, melalui buku Digital EntrepreneurShift itu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia bisa melihat ada begitu besar peluang yang terbentang, untuk dapat dimanfaatkan di tanah air di era digital ini. (Baca juga: Digital EntrepreneurShift)

Sekadar diketahui, embrio dari Buku Digital EntrepreneurShift adalah kumpulan artikel yang ditulis Awaluddin di kanal Klinik UKM Goes  Digital di portal www.indoTelko.com.

Ciri khas dari buku ini adalah “the power of three” dalam setiap narasi dimana tercermin dalam setiap bab dengan SHIFTing on Aspiration, SHIFTING on Competence, dan SHIFTing on Tactics.

Bab pertama, SHIFTing on Aspiration, menguraikan pentingnya pergeseran paradigma terkait visi, misi dan aspirasi sebagai pengusaha atau entrepreneur. Terutama perubahan menyangkut cara-pandang (mindset), pergeseran pola pendekatan, dan pentingnya jaringan atau komunitas.

Bab kedua. SHIFTING on Competence, membahas tentang pentingnya pergeseran paradigma terkait kompetensi, pentingnya UKM fokus kepada keahlian dan kemandirian, serta kekuatan untuk bersaing dan berdaya saing.

Bab ketiga, SHIFTing on Tactics, menjelaskan tentang pentingnya kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan teknologi digital, pentingnya menjadi UKM yang cerdas dan terus jeli memanfaatkan berbagai peluang di era digital.

“Buku ini sangat cocok sebagai buku “manifesto” sebuah gerakan masyarakat digital Indonesia di masa kini dan masa mendatang. Imagine everything, create it, don’t let everyone bring it down. UKM Indonesia pasti bisa mandiri dan jaya,” tutupnya.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.