Telkom Persenjatai Kampung UKM Digital Takalar dengan Akses Internet 100 Mbps

12:58:00 | 15 May 2016
Telkom Persenjatai Kampung UKM Digital Takalar dengan Akses Internet 100 Mbps
GM Witel Telkom Makassar Marnoto menyaksikan kesepakatan penggunaan akses internet 100 Mbps bagi Kampung UKM Digital (dok:TLKM)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai melakukan monetisasi dari sisi konektifitas terhadap program Kampung UKM Digital yang dijalankan sejak 2015 lalu.

Jika selama ini Kampung UKM Digital dibekali akses internet dengan kecepatan 10 Mbps, di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, rencananya disediakan akses internet kecepatan 100 Mbps dengan kebutuhan total bandwidth sebesar 180 Mbps.

“Kampung UKM Digital sekarang ada di 111 lokasi. Di Takalar pada 20 Mei mendatang akan menjadi pertama sejak program Kampung UKM Digital diluncurkan pada 2015 lalu disediakan kecepatan 100 Mbps. Ini bagian dari penyediaan Broadband For SME Community dan Bakti Telkom Bagi Negeri,” ungkap Direktur  Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam regular sharing session dengan IndoTelko, akhir pekan lalu.

Rencananya, peluncuran Kampung UKM Digital Takalar oleh Witel Telkom Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar. Lokasi yang akan dijadikan sentra UKM berada di Showroom Taman PKK yang terletak di tengah-tengah kota Takalar.

Sentra UKM Kuciniki Mata Tawwa Kabupaten Takalar memiliki komunitas pelaku UKM sekitar 345 UKM yang terdiri dari beberapa jenis usaha, seperti gerabah, furniture, konveksi dan beberapa jenis usaha lainnya.

Produk yang menonjol di UKM ini adalah industri gerabah yang telah menjangkau pasar nasional maupun internasional khususnya untuk kawasan Asia Tenggara. UKM ini dibina oleh UPTD Promosi dan Klinik Bisnis Dinas Koperasi UMKM Perindag & ESDM Kabupaten Takalar yang juga bekerja sama dengan himpunan pengrajin setempat yaitu Himpunan Pengrajin Gerabah Sittalasi (HIPERGASI).

Showroom Taman PKK dilengkapi dengan ruangan Broadband Learning Center yang terkoneksi dengan akses internet cepat 100Mbps sebagai media pembelajaran bagi pelaku UKM. (Baca juga: Kampung UKM Digital dari Telkom)

Selain itu pendampingan akan dilakukan oleh pihak Telkom dalam bentuk pelatihan berkelanjutan sesuai kebutuhan UKM. Diantaranya pembelajaran yang diberikan adalah penggunaan akses internet melalui Wifi.id yang disediakan oleh Telkom, pembuatan akun email, penggunaan media sosial seperti Facebook dan twitter sebagai sarana pemasaran online via blanja.com dan pembuatan toko digital menggunakan aplikasi Jarvis-store sebagai media jual beli online dari Telkom.

“Saya akan hadir di peluncuran. Soalnya ini pertama dalam sejarah Kampung UKM Digital. Saya tantang teman-teman Witel lainnya mengikuti rekan di Makassar karena kebutuhan akses broadband itu besar bagi pelaku UKM untuk mendukung daya saing dan mandiri di era Masyarakat Ekonomi Asean,” katanya bersemangat.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.