Sobat UKM dari Telkom Blusukan ke Surabaya

12:09:12 | 12 May 2016
Sobat UKM dari Telkom Blusukan ke Surabaya
Peserta pelatihan dari Sobat UKM (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Layanan Sobat UKM dari Telkom kian rajin turun ke daerah-daerah guna membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Goes Digital.

Sobat UKM adalah layanan  Multi Channel ; mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline.

Layanan ini memberikan solusi bagi pelaku UKM yang ingin berbisnis. Pembeda dari contact center yang lain adalah adanya Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 wib).

Expert Sobat UKM selama ini telah berhasil memodifikasi konsep Business Model Canvass (BMC) untuk keperluan UKM dalam menjalankan bisnisnya. Konsep ini yang dikembangkan dan menjadi acuan dalam proses Mentoring dan Coaching.

“Setelah Jakarta dan Bandung, kegiatan konsultasi online to offline merambah Surabaya. Ada 26 UKM dan 8 expert yang berpartisipasi,” ungkap Project Manager sekaligus Kordinator Expert Sobat UKM, Diah Yusuf, kemarin.

Menurutnya, Goes Digital adalah keniscayaan perubahan dimana pelaku UKM harus bertumbuh bersamanya. “Ketika kekuatan komitmen untuk maju begitu besar, hambatan sebesar apapun pasti bisa dimusnahkan. Kita harus yakin pada Kehendak-Nya,” katanya berfilosofi.

Salah seorang peserta workshop, Fatur Rohim (36) yang menjalankan usaha Rotibakar Adacadabra mengakui mendapat tambahan ilmu berusaha mengikuti pelatihan dari Sobat UKM. “Ilmu dari pelatihan ini akan saya maksimalkan untuk berusaha,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin menyampaikan Sobat UKM adalah contoh nyata dari konsep Collaborative Innovation.

Dalam konsep ini masing-masing pihak, Telkom beserta para tim expert dan pelaku UKM bersama-sama melakoni atau terlibat untuk pengembangan bisnis UKM. (Baca juga: Kolaborasi Telkom dan UKM)

Tim expert mengembangkan konsep BMC yang selama ini banyak dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar, menjadi konsep sederhana untuk UKM. Lalu Telkom dengan berbagai solusi berbasis Digital mendukung kemudahan proses tersebut.Terakhir, pelaku UKM dari berbagai jenis usaha menginspirasi untuk kesempurnaan layanan Sobat UKM ini.

“Inilah kekuatan dari layanan Sobat UKM bagi pengembangan bisnis UKM Indonesia. Tak ada operator lain seperti kami, Anda boleh cek toko sebelah. Ini adalah Bakti Telkom untuk Negeri,” pungkas Awaluddin.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.